Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Vincent Aboubakar usai menjebol gawang Brasil di Piala Dunia 2022. (Instagram/@fifaworldcup)

Bolatimes.com - Kapten timnas Kamerun, Vincent Aboubakar, menjadi salah satu pemain yang menjadi sorotan tajam ketika timnya meraih kemenangan atas Brasil pada laga pamungkas Grup D Piala Dunia 2022.

Pasalnya, Vincent Aboubakar sukses mencetak gol ke gawang timnas Brasil untuk membawa Kamerun meraih kemenangan dengan skor 1-0 di Lusail Stadium, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB.

Yang cukup mengejutkan dari gol ini ialah karena momennya yang tercipta pada akhir pertandingan, alias pada menit ke-90+2’. Satu menit seusai gol tercipta, dia justru diusir keluar oleh wasit.

Pasalnya, selepas mencetak gol ke gawang timnas Brasil, Vincent Aboubakar melakukan selebrasi dengan melepas jerseynya.

Dia pun akhirnya diganjar kartu kuning oleh wasit. Ini menjadi kartu kuning kedua yang diraih Vincent Aboubakar pada pertandingan ini. Sehingga, dia harus mengakhiri laga lebih cepat.

Dengan kartu merah tersebut, Vincent Aboubakar menjadi pemain pertama yang mencetak gol di Piala Dunia tetapi diusir keluar oleh wasit karena kartu merah setelah Zinedine Zidane pada edisi 2006.

Profil Vincent Aboubakar

Vincent Aboubakar merupakan pesepak bola asal Kamerun yang lahir di Yaounde pada 22 Januari 1992. Pemain yang berposisi sebagai striker ini memang punya karier yang cukup mentereng.

Pada masa awal, Aboubakar menimba ilmu bersama klub sepak bola asal Kamerun, Coton Sport. Dia berlatih sejak tahun 2006 hingga 2008, sebelum akhirnya mendapat kesempatan promosi ke tim utama pada 2009.

Setahun berselang, Aboubakar memulai karier internasionalnya bersama klub asal Prancis, Valenciennes, tepatnya pada 2010.

Setelah itu, dia sempat tampil bersama klub Prancis lainnya, Lorient (2013-2014).

Dari dua klub asal Prancis inilah bakatnya terendus. Sebab, ia akhirnya mendapatkan kesempatan untuk berkarier bersama klub elite Portugal, Porto, pada 2014.

Bersama Porto, Vincent Aboubakar cukup lama bertahan di sana. Namun, ia juga sempat dipinjamkan ke klub raksasa asal Turki, Besiktas, pada 2016-2017.

Sempat kembali ke Porto pascamenjalani masa peminjaman, ia kemudian dipermanenkan Besiktas pada 2020. Namun, kiprahnya tak berlangsung lama.

Dia akhirnya memilih berkarier di Liga Arab Saudi bersama Al Nassr. Bersama klub yang berbasis di kota Riyadh ini, Aboubakar mencatatkan 10 gol dari 30 pertandingan.

Sebagai informasi, Aboubakar yang saat ini sudah berusia 30 tahun telah bermain bersama timnas Kamerun sejak tahun 2010. 

Debutnya tercipta ketika menghadapi laga uji coba melawan Slovakia pada 29 Mei 2010. Adapun gol pertamanya bersama timnas Kamerun tercipta satu tahun berselang, yakni ketika menjebol gawang Polandia pada 11 Agustus 2010.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More