Irwan Febri Rialdi
Potret pemain Timnas Inggris saat hajar Iran 6-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Hasil Piala Dunia 2022, Inggris tak kesulitan meraih kemenangan saat bersua Wales dalam matchday ketiga Grup B Piala Dunia 2022 guna lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB.

Duel Wales vs Inggris yang berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar itu berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan tim berjuluk Tiga Singa.

Gol-gol timnas Inggris dalam laga ini dicetak oleh Marcus Rashford dan Phil Foden. Kedua gol tercipta di babak kedua tepatnya pada menit ke-50, 52 dan 68.

Setelah berlangsung alot di babak pertama, duel antar sesama tim Britania Raya itu baru berjalan seru di paruh kedua. The Three Lions yang tampil dominan mampu membuka keunggulan lewat dua gol cepat.

Marcus Rashford mencetak gol melalui tendangan bebas menawan. Dia melepaskan tembakkan dari pinggir kotak penalti ke arah pojok kanan atas gawang yang tak mampu dihalau kiper Danny Ward.

Tim asuhan Gareth Southgate kemudian berhasil menggandakan keunggulan hanya selang dua menit. Phil Foden yang diparkir dalam dua matchday pertama, berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Wonderkid Manchester City itu mencetak gol setelah mendapat umpan silang akurat dari Harry Kane di dalam kotak penalti. Bola kiriman striker Tottenham Hotspur itu lalu disambarnya ke dalam gawang kosong.

Inggris yang berada di atas angin kemudian menambah keunggulan pada menit ke-68 melalui Marcus Rashford yang sekaligus mencatatkan brace dalam pertandingan ini.

Striker Manchester United itu melakukan sebuah aksi dribble untuk kemudian melepaskan tembakkan kaki kiri dari dalam kotak penalti yang sukses menaklukan Danny Ward.

Kemenangan ini membuat Timnas Inggris memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup B usai mengoleksi tujuh poin dari tiga matchday.

Sementara posisi runner-up ditempati oleh Amerika Serikat (5 poin) yang berhasil mengalahkan Iran (3 poin) dalam matchday ketiga lainnya di Grup B.

Di sisi lain, kekalahan ini membuat Wales harus tersingkir dari Piala Dunia dengan finis di peringkat terbawah Grup B.

Dalam tiga matchday yang dijalani, Aaron Ramsey dan kawan-kawan cuma mampu mengoleksi satu poin hasil dari sekali imbang dan dua kalah.

Di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Timnas Inggris akan menghadapi Senegal selaku runner-up Grup A. Pertandingan ini akan berlangsung di Al Bayt, Al Khor, Qatar pada Senin (5/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Susunan Pemain Wales vs Inggris

Wales (4-2-3-1): Danny Ward; Neco Williams, Chris Mepham, Joe Rodon, Ben Davies; Ethan Ampadu, Joe Allen; Gareth Bale, Aaron Ramsey, Daniel James; Kieffer Moore.

Cadangan: Adam Davies, Chris Gunter, Harry Wilson, Brennan Johnson, Connor Roberts, Joe Morrell, Tom Lockyer, Jonny Williams, Mark Harris, Sorba Thomas, Dylan Levitt, Ben Cabango, Rubin Colwill, Matt Smith.

Pelatih: Rob Page (Wales).

Inggris (4-3-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Jordan Henderson, Declan Rice, Jude Bellingham; Phil Foden, Harry Kane, Marcus Rashford.

Cadangan: Aaron Ramsdale, Nick Pope, Jack Grealish, Raheem Sterling, Kieran Trippier, Kalvin Phillips, Eric Dier, Conor Coady, Bukayo Saka, Trent Alexander-Arnold, Mason Mount, Callum Wilson, James Maddison, Conor Gallagher.

Pelatih: Gareth Southgate (Inggris).

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More