Husna Rahmayunita
Pemain Argentina Enzo Fernandez saat merayakan gol ke gawang Meksiko di Piala Dunia 2022. (AFP/Odd Andersen)

Bolatimes.com - Gelandang Argentina, Enzo Fernandez, sukses mencatatkan gol pertamanya di ajang Piala Dunia 2022 saat menghadapi Meksiko pada laga lanjutan Grup B.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Lusail, Doha, Minggu (27/11/2022) dini hari WIB itu, Enzo Fernandez mencetak gol kedua Argentina seusai memanfaatkan assist Lionel Messi.

Gol yang dicetak Enzo Fernandez ini tercipta pada menit ke-87. Lionel Messi memberikan umpan manis untuk pemain berusia 21 tahun itu dan diakhiri sepakan terukur yang tak mampu dihalau kiper Meksiko, Guillermo Ochoa.

Keberhasilan Enzo mencatatkan namanya di papan skor ini tentu sangat spesial. Sebab, ini adalah gol perdana pemain ini untuk Argentina sejak mencatatkan debut bersama Albiceleste pada 24 September 2022.

Gol ini juga membuat Enzo menjadi salah satu pencetak gol termuda Argentina di ajang Piala Dunia 2022 untuk mengikuti jejak seniornya, Lionel Messi.

Profil Enzo Fernandez

Enzo Fernandez merupakan salah satu pemain muda berbakat yang dipanggil pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni, untuk tampil di ajang Piala Dunia 2022.

Pemuda yang tercatat lahir di San Martin, Argentina, 17 Januari 2001, ini memang belum banyak mengenyam caps bersama timnas. Namun, dia sukses membuka keran golnya untuk Argentina di usia yang relatif muda.

Sebagai informasi, Enzo mengenyam pendidikan sepak bola bersama Club La Recova (2005-2006), hingga akhirnya digaet oleh akademi River Plate pada 2006.

Setelah tiga belas tahun berlatih di sana, atau tepatnya hingga tahun 2019, dia akhirnya mendapat kesempatan untuk promosi ke tim utama.

Namun, Enzo Fernandez tak bisa langsung menembus tim utama. Sebab, dia harus menjalani masa peminjaman selama dua musim terlebih dahulu bersama Defensa y Justicia (2020-2021).

Bersama klub ini, dia sukses menjadi salah satu pemain yang diandalkan oleh pelatih Defensa y Justicia, Hernan Crespo, yang juga berstatus sebagai legenda Argentina.

Enzo juga sukses mengantarkan klub tersebut meraih gelar juara Copa Sudamericana 2020 setelah mengalahkan Lanusi di partai final dengan skor 3-0.

Setelah melewati masa peminjaman yang impresif, Enzo akhirnya kembali ke River Plate pada Juli 2021 atas keinginan langsung dari manajer klub tersebut, Marcelo Gallardo.

Saat mendapat kesempatan turun sebagai starter, Enzo pun sukses mencetak gol sekaligus menyumbang assist untuk membawa timnya menang 2-0 atas Velez Sarsfield di ajang Primera Division.

Bakatnya pun tercium klub raksasa Portugal, Benfica, yang akhirnya berani menebus Enzo dengan biaya transfer sebesar 10 juta euro pada 23 Juni 2022.

Sejak mencatat debut pada laga internasionalnya, Enzo langsung merebut hati pelatih Argentina Lionel Scaloni yang membawanya turut ke Piala Dunia 2022.

Golnya ke gawang Meksiko membuat Enzo menjadi pemain muda kedua Argentina yang mencetak gol di Piala Dunia 2022 pada usia 21 tahun 10 bulan dan 13 hari.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More