Selasa, 07 Februari 2023
Husna Rahmayunita : Jum'at, 11 November 2022 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Jagat dunia sepak bola tengah dikejutkan dengan sosok Jesus Gil Manzano, wasit berusia 38 tahun yang dinilai gampang dalam mengeluarkan keputusan merugikan.

Seperti saat Jesus Gil Manzano menyelesaikan tugasnya di laga Osasuna melawan Barcelona, Rabu (9/11/2022) kemenangan 1-2 Barca diwarnai hujan kartu.

Total enam kartu kuning dan dua kartu merah keluar dari saku Jesus Gil Manzano, menariknya dua kartu merah diborong pemain Barcelona.

Selain itu dua kartu kuning juga dikoleksi anak asuh Xavi Hernandez dan sisanya menjadi milik pemain tim tuan rumah.

Robert Lewandowski dan Gerard Pique menjadi duo Barca yang dihajar kartu merah oleh Gil Manzano, bintang Polandia mandi lebih cepat usai mendapat kartu kuning kedua.

Tepat pada menit ke-31, saat Robert Lewandowski dinilai melakukan pelanggaran saat berduel memperebutkan bola melawan David Garcia.

Sementara Gerard Pique diusir dari lapangan tepat saat paruh pertama berakhir, gara-garanya dinilia terlalu berlebihan dalam melakukan protes.

Soal usir mengusir pemain bintang, Gil Manzano memang memiliki nyali yang sudah teruji bahkan di jauh-jauh hari ia telah membuktikan hal itu.

Bintang Timnas Argentina, Lionel Messi juga pernah diusir keluar lapangan olehnya.

Profil Jesus Gil Manzano

Jesus Gil Manzano lahir di Don Benito, Spanyol pada 4 Februari 1984 dan memulai kiprahnya sebagai pengadil lapangan sepak bola medio 2000-an.

Mengawali karier di Tercera Division, atau kasta keempat kompetisi sepak bola Spanyol, karier Manzano benar-benar dimulai dari nol.

Beberapa tahun di awal kariernya, Manzano bahkan harus menjadi wasit cadangan di divisi tersebut meskipun hal itu tak membuatnya menyerah.

Tumbuh sebagai pribadi yang jeli karena menghabiskan banyak waktunya di pinggir lapangan, hingga pada khirnya promosi ke Segunda B Division.

Namanya mulai dikenal, Manzano terkenal sebagai sosok wasit yang tak segan mengeluarkan keputusan sadis bagi pemain jika dirasa perlu olehnya.

Menurut laman Soccerway, Manzano selalu mengeluarkan kartu saat ditugaskan sebagai wasit utama dengan minimal dua karti kuning di setiap laga.

Meski demikian, sikapnya itu mendapat repons positif dari beberapa pihak termasuk RFEF selaku asosiasi wasit di Spanyol dan otoritas di bawahnya.

Promosi ke Segunda Division pada 2009, tiga tahun berselang ia dipromosikan ke kasta teratas Liga Spanyol alias La Liga pada 2012.

Laga Real Madrid menjadi tim yang paling sering dipimpinnya menurut laman Transfermarkt, total 38 laga sudah dicatatkan dengan 71 kartu kuning dan 4 kartu mereah.

Kontributor: Eko

BACA SELANJUTNYA

Berkarier ke Luar Negeri, Marselino Ferdinan Disandingkan dengan Dua GOAT