Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Australia Awer Mabil saat berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (KARIM JAAFAR / AFP)

Bolatimes.com - Pemain Timnas Australia, Awer Mabil jadi perbibncangan banyak penggemar sepak bola usai memastikan dirinya tampil di Piala Dunia 2022.

Awer Mabil memiliki kisah heroik dan inspiratif dalam perjalannya menuju Piala Dunia 2022. Pemain berusia 27 tahun itu sukses membawa Australia lolos ke putaran final.

Di babak play-off antarzona, Awer Mabil sukses menjadi salah satu eksekutor penalti yang berhasil menunaikan tugasnya menjebol gawang Peru.

Gol itu dipersembahkan Awer Mabil untuk Australia, sebagai ucapan terima kasih telah menyelamatkan ia dan keluarganya dari perang.

Awer Mabil lahir di kamp pengungsian Kenya, kedua orang tuanya kabur ke Sudan Selatan karena perang yang berkecamuk selama bertahun-tahun.

Masa kecil Awer Mabil pun lebih banyak dihabiskan di kamp pengungsian sebelum pindah ke Australia pada 2006 saat usianya masih 10 tahun.

"Awalnya sulit, karena kami datang ke sini dan tidak berbicara Bahasa Inggris sama sekali. Saya suka berbicara dengan orang," ucap Awer Mabil, dilansir SBS.

"Namun, saya tidak bisa berkomunikasi dengan siapa pun. Jadi, itu aneh. Saya adalah anak yang pemarah pada awalnya, dan pemarah.

"Jika saya tidak bermain sepakbola, saya tidak akan mendengarkan dan tidak peduli siapa yang berbicara.

"Sepakbola seperti penyelamat bagi saya. Dan, itu adalah cara saya bisa berkomunikasi," imbuhnya.

Di usianya yang masih anak-anak, Awer  Mabilmulai mengembangkan talenta sepak bola yang dimiliki dengan bergabung sekolah sepak bola gratis.

Dimulai dari St Augustines. Berlanjut ke Playford City, Salisbury East Junior Soccer Club, SA NTC dan pada akhirnya bergabung dengan akademi Adeide United.

Singkat cerita, karier profesional Awer muncul saat bermain untuk Campbelltown City meskipun baru debut di A-League di tahun 2013 bersama Adelaide United.

Pada 2015, kualitasnya membuat FC Midtjylland merekrutnya meskipun harus menjadi pemain pinjaman lebih dulu ke Esbjerg fB, kemudian ke Pacos de Ferreira di Portugal.

Barulah pada 2018, Awer Mabil kembali ke FC Midtjylland dan sukses mempersembahkan gelar juara liga di musim kompetisi 2019-2020.

Karier Awer Mabil pun berlanjut ke Cadiz di Spanyol, hingga sosoknya mendapat panggilan timnas Australia dan melakukan debut pada 16 Oktober 2018.

Profil Awer Mabil

Nama Lengkap: Awer Bul Mabil
Tempat kelahiran: Kenya Kakuma
Kewarganegaraan: Australia
Tinggi: 1,79 m
Posisi: Sayap Kiri
Pemain Interasional saat ini: Australia
Jumlah penampilan / Gol: 29 / 8

Karier Klub

2012 (SASI - Adelaide U-21)
2012 (Adelaide U-21 - Campbelltown)
2012 (Campbelltown - Adelaide U-21)
2013 (Adelaide U-21 - Adelaide United)
2015 (Adelaide United - FC Midtjylland)
2016 (FC Midtjylland - Esbjerg fB)
2017 (Esbjerg - FC Midtjylland)
2017 (FC Midtjylland - Pacos Ferreira)
2018 (Pacos Ferreira - FC Midtjylland)
2022 (FC Midtjylland - Kasimpasa)
2022 (Kasimpasa - FC Midtjylland)
2022 (FC Midtjylland - Cadiz FC)

Load More