Rauhanda Riyantama
Selebrasi Mathew Leckie usai cetak gol saat Australia kalahkan Denmark 1-0 di Piala Dunia 2022. (Twitter)

Bolatimes.com - AFF atau ASEAN Football Federation kini berjumlah 12 negara. AFF sendiri merupakan asosiasi sepak bola Asia Tenggara di bawah naungan AFC.

Piala AFF menjadi ajang tertinggi dan paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara. Namun, baru pada 2016 status Piala AFF dinaikkan dan masuk dalam kategori A atau turnamen kecil di luar konfederasi Asia, AFC.

Kendati begitu, salah satu negara anggota AFF yaitu Australia, tercatat tidak pernah mengikuti ajang Piala AFF.

Baca Juga:
3 Keuntungan jika Timnas Indonesia Tak Ikut Kompetisi AFF

Padahal, Australia sudah terdaftar sebagai anggota AFF sejak 2013 silam. Ketika itu, mereka pindah Konfederasi dari Oseania ke AFC dan bergabung dengan AFF.

Namun sejauh ini, Timnas Australia senior tidak pernah tampil di Piala AFF. Federasi Sepak Bola Australia (FA) tidak pernah mengirimkan timnas mereka ke ajang ini.

PSSI-nya Australia hanya mengikuti turnamen Piala AFF kelompok umur saja, seperti Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-19. Di kelompok umur U-19, Australia mendapatkan predikat tim tersukses dengan torehan 5 trofi juara.

Baca Juga:
Profil Gabri Veiga, Pemain Muda Incaran Liverpool hingga Real Madrid yang Pilih Gabung Klub Arab Saudi

Meski Australia tidak pernah mengikuti Piala AFF, Australia justru menjadi satu-satunya negara anggota AFF yang berhasil lolos ke Piala Dunia.

Terhitung sejak menjadi anggota AFF pada 2013, Australia tidak pernah absen mengikuti tiga edisi Piala Dunia terakhir yakni pada 2014 Brasil, 2018 Rusia, dan 2022 Qatar.

Australia selalu berhasil meloloskan diri ke Piala Dunia melalui jalur Kualifikasi Piala Dunia. Pada 2014, mereka lolos ke Brasil usai menjadi runner-up grup B di ronde keempat Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona AFC.

Baca Juga:
4 Pemain Abroad yang Bisa Dipanggil Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Auto Lolos?

Di edisi 2018, Australia lolos ke Piala Dunia di Rusia usai menang 3-1 atas Honduras di babak play-off Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Pun dengan Piala Dunia 2022, Australia lolos usai mengalahkan Peru di babak play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
5 Pemain Bintang yang Harus Dipanggil Timnas Indonesia U-23 untuk Hadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More