Rauhanda Riyantama
Para pemain Barcelona tertunduk lesu lesu usai dikalahkan Bayern Munich dengan skor 0-3 pada akhir matchday kelima Grup C Liga Champions 2022/2023 di Camp Nou. (Pau BARRENA / AFP)

Bolatimes.com - Sederet pencapaian buruk Barcelona di Liga Champions, bak kutukan yang harus ditanggung Xavi Hernandez dimulai saat bertandang ke markas Liverpool.

Barcelona turun kasta ke Liga Europa 2022-2023 setelah dipastikan gagal lolso dari fase grup Liga Champions musim ini.

Kepastian ini didapat setelah Inter Milan memetik kemenangan besar atas Viktoria Pizen pada matchday kelima fase Grup C.

Baca Juga:
Sedang Berlangsung, Link Live Streaming Babak 16 Besar French Open 2022

Di saat yang sama, Barcelona dipermalukan Bayern Muenchen di Camp Nou dengan skor cukup telak dan bisa membuat menangis, 0-3.

Status pemilik 5 gelar Liga Champions pun serasa runtuh, edisi kali ini menjadi yang kelima kalinya Barcelona gagal total di ajang ini.

1. Musim 2018-2019

Baca Juga:
Napoli Tim Paling Garang di Liga Champions, Real Madrid Tak Mampu Menandingi

Musim ini menjadi awal hancurnya Barcelona di Liga Champions, sesumbar mengalahkan Liverpool di semifinal leg pertama dengan skor 3-0.

Namun pada akhirnya terbantai d Anfield dengan skor 4-0, langkah Lionel Messi Cs saat itu terhenti di semifinal dengan memalukan.

2. Musim 2019-2020

Baca Juga:
Persaingan Ketat, Wonderkid Bali United Bidik Posisi Utama di Timnas Indonesia U-19

Satu musim berikutnya jauh lebih buruk dari musim sebelumnya, Barcelona tersingkir lebih prematur di babak perempat final susai kalah dari Bayern Muenchen.

Di saat pandemi Covid-19 dan laga hanya digelar satu kali, Barcelona terbantai dengan skor sangat telak 2-8 dari raksasa Bundesliga.

3. Musim 2020-2021

Baca Juga:
Shin Tae-yong Pede Timnas Indonesia U-19 Lolos Fase Grup Piala Asia U-20 2023, Asalkan...

Kembali lebih buruk, Barcelona tersingkir di babak 16 besar Liga Champions musim ini usai takluk dari raksas Prancis, Paris Saint-Germain.

Lolos fase grup dengan status runner-up, Barca gagal melewati fase selanjutnya usai kalah dengan agregat 2-5 dari PSG.

4. Musim 2021-2022

Puncak hancurnya Barcelona di Liga Champions sebenarnya sudah terjadi di musim 2021-2022, gagal lolos babak penyisihan grup.

Tergabung bersama Bayern Muenchen, Dynamo Kyiv dan Benfica, raksasa Catalan ini berakhir di tempat ketiga klasemen.

5. Musim 2022-2023

Lagi-lagi kesialan Barcelona di Liga Champions berlanjut, dua kali beruntun klub raksasa Catalan gagal lolos fase grup ajang ini.

Barca lagi-lagi hanya finsih di peringkat ketiga klasemen, sebuah rekor yang tercipta sejak 1998 kali pertama dua kali beruntun gagal lolos fase grup UCL.

Kontributor: Eko
Load More