Rauhanda Riyantama
Trofi Liga Champions (AFP)

Bolatimes.com - Undian fase grup Liga Champions 2022/2023 akan segera digelar di Istanbul, Turki pada Kamis (25/8/2022) pukul 23.00 WIB. Acara ini dilakukan kurang dari 24 jam setelah leg kedua babak playoff berakhir pada dini hari tadi.

Sebanyak enam tim berhasil maju ke putaran final Liga Champions 2022/2023 setelah meraih kemenangan di babak playoff. Mereka akan bergabung dengan 26 tim lain yang lolos secara otomatis ke fase grup.

Merujuk laman resmi UEFA, drawing fase grup Liga Champions 2022/2023 ini akan menggunakan prosedur seperti sebelum-sebelumnya di mana 32 tim dibagi ke dalam empat pot.

Baca Juga:
Beda Nasib dengan Minions, Hendra/Ahsan Bongkar Kunci Lolos ke Perempat Final Kejuaraan Dunia 2022

Pot 1 berisikan tim juara Liga Champions dan Liga Europa musim lalu, ditambah para juara enam liga domestik teratas Eropa merujuk koefisien UEFA tahun lalu.

Mereka adalah Real Madrid (juara Liga Champions dan Liga Spanyol), Eintracht Frankfurt (Liga Europa), Manchester City (Liga Inggris), AC Milan (Liga Italia), Bayern Munich (Liga Jerman), PSG (Liga Prancis), FC Porto (Portugal) dan Ajax Amsterdam (Liga Belanda).

Sementara Pot 2 hingga 4 dihuni tim-tim tersisa, yang diurutkan berdasarkan performa masing-masing klub di kompetisi antar klub Eropa dalam lima musim terakhir.

Baca Juga:
Update Proses Naturalisasi Shayne Pattynama, Beda dengan Jordi Amat dan Sandy Walsh

Maka dari itu, pot 2 akan dihuni tim-tim papan atas di berbagai liga top Eropa yang pada musim lalu gagal menjadi juara di kompetisi domestik.

Mereka antara lain Liverpool, Chelsea, Barcelona, Juventus, Atletico Madrid, Sevilla, RB Leipzig dan Tottenham Hotspur.

Sementara Pot 3 diisi Dortmund, Salzburg, Shakhtar Donetsk, Inter, Napoli, Benfica, Sporting CP, Leverkusen, dan Pot 4 dihuni Rangers, Dinamo Zagreb, Marseille, Copenhagen, Club Brugge, Celtic, Plzen, dan Maccabi Haifa.

Baca Juga:
Dipecundangi Wakil Inggris, Kevin/Marcus Tersingkir dari Kejuaraan Dunia 2022

Melihat bersebaran tim-tim dari keempat pot, potensi terciptanya grup neraka semakin besar. Beberapa skenario grup neraka yang mungkin tercipta adalah sebagai berikut merujuk regulasi UEFA di mana tim-tim dari negara yang sama tak bisa bertemu di fase ini.

Real Madrid yang berada di Pot 1 bisa saja satu grup dengan Liverpool. Grup itu bisa makin seru jika Inter Milan dari Pot 3 dan Marseille dari Pot 4 ikut bergabung ke dalamnya.

Selain itu, ada juga potensi bertemunya Manchester City, Barcelona ditambah Inter dan Marseille dalam satu grup. Karenanya, patut ditunggu seperti apa undian fase grup Liga Champions musim ini.

Baca Juga:
Rumor Transfer: Aubameyang Segera Tinggalkan Barcelona, Gabung Jawara Liga Champions Asal Inggris

Berikut jadwal undian Liga Champions 2022/2023.

Tempat: Istanbul, Turki
Waktu: Kamis, 25 Agustus 2022 pukul 23.00 WIB
Siaran langsung: UEFA TV, Kanal YouTube UEFA

Load More