Rauhanda Riyantama
Erik ten Hag jadi ppelatih baru Manchester United. (Instagram/@manchesterunited)

Bolatimes.com - Banyak mantan pesepak bola yang punya karier cemerlang setelah menjadi pelatih. Salah satunya adalah Erik ten Hag.

Erik ten Hag kini resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Manchester United. Dia akan menggantikan Ole Gunnar Solskjaer sekaligus Ralf Rangnick yang berstatus sebagai pelatih sementara.

Manchester United resmi mengumumkan Erik ten Hag sebagai pelatih baru pada Kamis (21/4/2022). Dia dikontrak Setan Merah sampai Juni 2025 mendatang, dengan opsi perpanjangan setahun lagi.

Baca Juga:
Jersey Ronaldo yang Dilelang Martunis Akhirnya Laku, Dibeli Atta Halilintar

Selain Manchester United mengonfirmasi lewat laman resmi mereka, Ajax, klub Ten Hag bekerja saat ini, pun telah memastikan kepergian sang pelatih di akhir musim ini.

Dan menurut media-media ternama Inggris maupun Eropa, Manchester United dan Ajax telah menyepakati pelepasan pelatih berusia 52 tahun asal Belanda itu di angka 2 juta euro.

Sosok pelatih berkepala plontos ini lahir di Haaksbergen, Belanda, pada 2 Februari 1970. Dia merupakan mantan pesepak bola yang menghabiskan kariernya di Belanda.

Baca Juga:
Bakal Jadi yang Termahal di Dunia, Jersey Diego Maradona Dilelang Mulai Harga 74,3 Miliar

Saat bermain dulu, Erik berposisi sebagai bek tengah. Karier Ten Hag sebagai pemain pun tidak tergolong lama, total hanya 13 musim dia bermain.

Erik ten Hag banyak menghabiskan kariernya di tim papan tengah mulai dari FC Twente, De Graafschap, Waalwijk, hingga FC Utrecht.

Dia mengawali karier profesionalnya di FC Twente pada 1989 hingga 1990 dengan mencatatkan 14 penampilan. Dia kemudian pindah ke De Graafschap dan menghabiskan dua musim di sana.

Baca Juga:
Rekam Jejak Karier Thomas Doll, Mantan Pelatih Klub Besar Eropa yang Kini Tukangi Persija Jakarta

Erik ten Hag lalu kembali ke Twente selama dua musim sebelum bergabung dengan RKC Waalwijk. Hanya satu musim di sana, Erik ten Hag bergabung dengan Utrecht pada 1995.

Lagi-lagi cuma semusim di sana, Erik ten Hag pulang ke Twente dan akhirnya pensiun di sana pada 2002.

Selama berkarir sebagai pemain selama lebih dari 12 tahun, Erik ten Hag mengumpulkan satu gelar Eerste Divisie (Divisi Kedua Liga Belanda) dan KNVB Cup.

Baca Juga:
Media Vietnam Ledek Timnas Indonesia U-23 usai Tumbang Lawan Pohang Steelers

Setelah gantung sepatu, Erik ten Hag tidak langsung terjun sebagai pelatih. Dia baru ditunjuk sebagai pelatih kepala oleh Go Ahead Eagles pada 2012.

Hanya satu musim di sana, Erik ditunjuk sebagai pelatih Bayern Munich II selama dua tahun. Setelah dua musim di Jerman, dia pulang ke Belanda dan menjadi Direktur Olahraga sekaligus pelatih Utrecht.

Kinerja yang bagus di Utrecht membuat Erik ten Hag ditunjuk sebagai pelatih Ajax Amsterdam pada Desember 2017. Di sini dia menjalani musim-musim yang sukses sebagai pelatih. 

Selama hampir 5 musim melatih Ajax, Erik ten Hag sudah mempersembahkan 2 gelar Eredivisie, 2 trofi KNVB Cup, dan satu gelar Johan Cruyff Shield.

Di bawah arahan Ten Hag sejauh ini, Ajax memang menjelma tim kuat. Bahkan, mereka sempat mencapai semifinal Liga Champions 2018/19.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More