Irwan Febri Rialdi
Kieran McKenna saat masih mendampingi Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United. (AFP/Paul Ellis)

Bolatimes.com - Mantan asisten pelatih Manchester United yang kini menakhodai Ipswich Town, Kieran McKenna, memberikan pujian kepada bek muda keturunan Indonesia, Elkan Baggott.

Kieran McKenna tak menutup kemungkinan untuk mempromosikan Elkan Baggott di tim utama Ipswich Town karena mengalami krisis pemain di lini pertahanan.

Menurut Kieran Mckenna, Elkan Baggott bisa saja menggantikan posisi George Edmundson yang mengalami cedera dan berpotensi absen hingga akhir musim.

Baca Juga:
5 Rekor yang Dicatatkan Cristiano Ronaldo Usai Cetak Hattrick

Sebab, selama beberapa pekan terakhir, bek berusia 19 tahun itu sudah berlatih bersama tim senior Ipswich Town setelah sebelumnya memperkuat tim U-19 dan U-23.

“Elkan berlatih bersama kami selama enam minggu terakhir. Dia telah menjadi bagian penting dari kelompok kami. Dia pemain yang sangat disukai,” kata McKenna dikutip dari twtd.co.uk.

“Dia berlatih bersama kami, bermain di semua pertandingan tanpa penonton dan pertandingan internal yang kami hadapi,” lanjutnya.

Baca Juga:
Segera Gabung Timnas Indonesia, Shayne Pattynama Antar Viking FC Bungkam Klub Kasta Ketiga

Profil Kieran McKenna

Kieran McKenna merupakan mantan pesepak bola asal Irlandia yang kini melanjutkan kariernya di dunia kepelatihan.

Lelaki kelahiran County Fermanagh, Irlandia Utara, pada 14 Mei 1986, itu mengawali kiprahnya di dunia sepak bola bersama dua akademi, yakni Enniskillen Town United dan Ballinamallard United.

Baca Juga:
Cetak Hattrick di Laga Man United vs Tottenham, Cristiano Ronaldo Diledek Patrice Evra

Pada tahun 2002, dia bergabung ke akademi Tottenham Hotspur sebagai pemain muda dan meneken kontrak beasiswa.

Sementara pada tahun 2009, saat usianya memasuki 22 tahun, McKenna dipaksa untuk pensiun dini dari dunia sepak bola karena mengalami cedera parah.

Hal inilah yang membuat McKenna harus mengubur mimpinya untuk mencatatkan penampilan bersama tim senior Tottenham Hotspur.

Baca Juga:
AC Milan Bungkam Empoli 1-0, Berikut Klasemen Terbaru Serie A Italia

Padahal, sebelum cedera ini, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu sempat menjadi bagian dari skuad timnas Irlandia Utara U-19 dan U-21.

Seusai gantung sepatu, McKenna mengawali kariernya di dunia kepelatihan bersama akademi Tottenham Hotspur.

Dari sana, kiprahnya mengalami perkembangan luar biasa. Setelah menjadi pelatih akademi, ia sempat ditunjuk untuk menjadi pelatih Tottenham U-18 pada tahun 2015.

Dia lalu meninggalkan Tottenham karena direkrut untuk mengisi pelatih Manchester United U-18. Kepindahannya itu tak terlepas dari kecintaannya terhadap Setan Merah.

Sebab, sejak masih kecil, McKenna sangat mengidolakan Manchester United. Hal itulah yang membuatnya menerima tawaran dari raksasa Liga Inggris tersebut.

Pada tahun 2018, dia dipromosikan untuk menjadi asisten manajer Jose Mourinho. Sejak saat itu, dia selalu mengisi posisi penting di staf kepelatihan MU. 

Sebab, ia sempat merasakan bekerja bersama Ole Gunnar Solskjaer, Michael Carrick, hingga Ralf Rangnick. Namun, pada akhir tahun 2021, dia meninggalkan posisinya karena ditunjuk menjadi manajer Ipswich Town.

Sejak 20 Desember 2021, McKenna telah memimpin 15 pertandingan bersama Ipswich Town. Dari seluruhnya, ia sukses menang sembilan kali, imbang empat kali, dan kalah dua kali.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More