Rauhanda Riyantama
Mantan pemain Barcelona, Eric Abidal. (Lluis Gene/AFP)

Bolatimes.com - Pada peringatan Hari Kanker Dunia yang jatuh pada 4 Februari, sejumlah nama pesepak bola yang sembuh dari penyakit ini layak mendapat kredit khusus.

Sebab, ada sejumlah nama pesepak bola dunia yang pernah divonis mengalami kanker dan kemudian berhasil berjuang untuk sembuh.

Beberapa kisah di antaranya cukup menyayat hati. Namun, ada pula kisah-kisah yang menggugah karena menjadi motivasi besar bagi sesama penyintas kanker untuk berjuang melawan penyakit ini.

Baca Juga:
Gagal Juara Piala Afrika, Mesir Siap Balas Kekalahan di Playoff Piala Dunia

Berikut Bolatimes.com menyajikan nama-nama pemain sepak bola yang sukses berjuang melawan kanker.

1. Jonas Gutierrez

Jonas Gutierrez menjadi salah satu di antara sekian pesepak bola dunia yang sempat berjuang melawan serangan kanker.

Baca Juga:
Komentari Postingan Terbaru Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam Bikin Riuh

Jonas sempat mengalami kemoterapi terakhirnya untuk menangani kanker testis pada 16 September 2014. Satu tahun sebelumnya, ia sempat mengerang kesakitan karena bertabrakan dengan pemain lawan.

Akhirnya, pada tahun 2015, ketika ia sudah berhasil melawan kanker, Jonas menjadi pemain kunci di balik kemenangan Newcastle United atas West Ham pada laga terakhir Liga Inggris.

Kemenangan ini turut menyelamatkan The Magpies, julukan Newcastle United, dari jurang degradasi.

Baca Juga:
10 Negara dengan Rekor Tak Terkalahkan Paling Lama

2. German Burgos

Mantan penjaga gawang dan asisten pelatih Atletico Madrid, German Burgos, sempat absen selama dua pekan dari pekerjaannya.

Sebab, Burgos mendapat vonis mengalami kanker ginjal. Beruntung, ia bisa bangkit melawan dan kondisinya membaik setelah dioperasi.

Baca Juga:
4 Striker Indonesia yang Diprediksi Bakal Tampil Gacor di Piala AFF U-23

Bagi Burgos, keberhasilannya bergulat dengan kanker ini menjadi titik balik dalam hidupnya. Bahkan, dia sempat berucap “Setelah mendapat kanker, saya tak lagi takut dengan apa pun.”

3. Stiliyan Petrov

Mantan kapten Aston Villa, Stiliyan Petrov, sempat divonis mengalami kanker darah alias leukemia pada Maret 2012.

Kabarnya, kanker darah yang dialami Petrov sangat akut. Meskipun kondisinya sempat berangsur membaik, tapi ia akhirnya memutuskan pensiun pada Mei 2013.

Setelah berjuang menyembuhkan penyakitnya itu, Petrov sempat berupaya untuk kembali bermain sepak bola, meski akhirnya tetap gagal.

4. Eric Abidal

Mantan pemain Barcelona, Eric Abidal, sempat mendapat kabar menyedihkan ketika didiagnosis mengalami kanker hati pada 15 Maret 2011.

Dua hari setelah diagnosis itu keluar, Eric sempat naik ke meja operasi. Tak lama setelah itu, yakni pada 28 Mei 2011, Abidal tampil impresif di atas lapangan.

Momen itu tepatnya terjadi saat Barcelona merengkuh trofi Liga Champions. Di atas podium juara, ia menjadi pemain pertama yang diberi kesempatan untuk mengangkat trofi.

Setelah itu, Abidal kembali melanjutkan perjuangannya melawan Kanker dan sempat menjalani transplantasi hati pada Maret 2012.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More