Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Timnas Vietnam. (Dok. AFC).

Bolatimes.com - Sejarah baru diukir oleh Timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 usai mempermalukan China dengan skor 3-1 pada pertandingan yang digelar Selasa (1/2/2022).

Anak asuhan Park Hang-seo berhasil membungkam respons negatif yang menyebut sulit mengatasi China. Vietnam pun mengukir sejarah di dunia sepak bola ASEAN.

Menghadapi China yang punya ranking FIFA lebih baik, Vietnam diprediksi bakal mengalami kekalahan lagi. Akan tetapi, tim asuhan Park Hang-seo mampu membungkam keraguan banyak pihak.

Baca Juga:
Disebut Ingin Jadi WNI, Cyrus Margono Jadi Sorotan Media Yunani

Pasalnya timnas Vietnam secara mengejutkan menang atas China dengan skor menjanjikan 3-1. Tiga gol dari tim Golden Star Warriors dicetak oleh Ho Tan Tai, Nguyen Tien Linh, dan Phan Van Duc, sedangkan lawan mampu membalasnya lewat Xu Xin.

Disadur dari laporan Soha.vn pada Rabu (2/2/2022), kemenangan Vietnam menciptakan sejarah besar. Bukan hanya bagi Vietnam, tapi juga sepak bola ASEAN.

Pasalnya Vietnam menjadi tim Asia Tenggara pertama yang berhasil menang di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia. Mereka mengalahhkan Thailand.

Baca Juga:
3 Striker Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022, Ada Bomber Persija

"Kemenangan kuat 3-1 atas China membuat Vietnam jadi tim Asia Tenggara pertama yang menang di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia," tulis laporan tersebut.

Timnas Vietnam menang di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 atas China. (Nhac NGUYEN / AFP)

Sebelumnya Thailand sendiri pernah lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2018 lalu. Sayang mereka tak mampu meraih kemenangan dan hasil terbaiknya adalah dua kali imbang.

Timnas Vietnam sendiri masih punya sisa dua pertandingan di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, lawannya terhitung lebih berat.

Baca Juga:
Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol: Brasil dan Argentina Bersinar

Pasalnya tim Golden Star Warriors bakal beremu Oman dan salah satu tim terkuat di Asia, yakni Jepang. Meski begitu, anak Park Hang-seo akan tetap berjuang demi meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Pasalnya bagaimanapun hasilnya, Vietnam sudah dipastikan tidak lolos dari babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 karena sudah mengalami tujuh kekalahan sebelumnya.

Baca Juga:
Ousmane Dembele Bikin Pusing Barcelona, Joan Laporta: Tidak Masuk Akal

Load More