Rauhanda Riyantama
Hugh McLenahan. (Twitter/@Canerisb)

Bolatimes.com - Manchester United kerap melakukan pembelian aneh baik itu pemain yang tak dikenal maupun alat pembayaran yang digunakan. Salah satunya adalah Hugh McLenahan yang dibeli menggunakan sekulkas es krim.

Dalam perjalanannya sebagai sebuah klub, Man United terbilang aktif di bursa transfer pemain dengan mendatangkan berbagai pesepak bola ternama.

Terkadang pemain yang didatangkan mampu berkontribusi, terkadang pula ada yang gagal dan namanya menghilang bak ditelan bumi.

Baca Juga:
Akhyar Ilyas Ditunjuk Jadi Caretaker Persiraja Gantikan Hendri Susilo

Selain deretan pemain yang didatangkan, Man United juga punya banyak kisah menarik dalam urusan membeli pemain. Kali ini soal alat transaksi yang dipakai untuk membeli pemain.

Dalam sejarahnya, Manchester United pernah mendatangkan pemain bernama Hugh McLenahan dari klub Stockport County dengan sekulkas es krim.

Hal tersebut terjadi pada tahun 1928. Saat itu, Man United tertarik akan permainan Hugh McLenahan yang baru berusia 18 tahun.

Baca Juga:
Beda Nasib dengan Ronald Koeman, Daniel Farke Masih Aman dari Pemecatan

Louis Rocca selaku asisten pelatih Man United dan juga pengusaha es krim, menjadi dalang dari transer unik ini. Ia memberikan sekulkas es krim kepada Stockport County untuk memboyog Hugh McLenahan.

Saat itu, Stockport County menolak karena tengah terlilit krisis keuangan. Namun, entah bagaimana Louis Rocca mampu meyakinkan klub tersebut dan menerima sekulkas es krim sebagai alat pembayaran Hugh McLenahan.

Alhasil, Stockport County pun menerima pembayaran tersebut dan mencoba keluar dari krisis keuangan dengan menjual es krim.

Baca Juga:
Momen Bos Arema FC Bareng Babe dan Marshel di Garasi, Caption Bikin Ngakak

Tak disangka transfer nyentrik ini memberi tuah ke Manchester United. Pasalnya, Hugh McLenahan mampu berkontribusi dengan tampil sebanyak 116 pertandingan bagi Setan Merah.

Kisah Transfer Aneh Manchester United Lainnya

Selain kisah transfer Hugh McLenahan, Man United juga punya sederet kisah transfer aneh lainnya yang terkadang tak dimasuk akal.

Baca Juga:
Fanny Ghassani Bagikan Tips Workout Bakar Lemak, Netizen: Makin Cakep

Salah satunya adalah kisah Tommy Taylor di tahun 1953. Ia datang ke Man United dengan nilai transfer yang disepakati yakni 30 ribu poundsterling.

Sir Matt Busby, pelatih Man United kala itu, tak mau membebani Tommy Taylor dengan mahar mahal mengingat usianya yang masih muda.

Untuk mengakalinya, Sir Matt Busby pun mengatur pembayaran yakni dengan memberikan Barnsley uang tunai sebesar 29999 poundsterling.

Lantas ke mana 1 poundsterlingnya? Sir Matt Busby memberikan 1 poundsterling tersisa sebagai tip untuk wanita pengantar teh.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More