Rauhanda Riyantama
Lionel Messi kembali berseragam Timnas Argentina dan hadir di sesi latihan di Valdebebas, Madrid pada 18 Maret 2019 (Gabriel Bouys/AFP)

Bolatimes.com - Timnas Argentina tengah digosipkan mundur dari ajang Copa America akibat pandemi Covid-19. Namun kabar tersebut langsung dibantah, dan memastikan tetap berpartisipasi.

Argentina awalnya ditunjuk menjadi tuan rumah Copa America bersama Kolombia. Sepekan yang lalu Badan Sepakbola Amerika Selatan, CONMEBOL, lantas memutuskan untuk memindahkan penyelenggaraan turnamen tersebut ke Brasil.

AFA merilis pernyataan itu menyusul desas-desus yang menyebut bahwa Timnas Argentina akan menarik diri dari Copa America tahun ini karena situasi pandemi virus Corona yang mengerikan di Brasil.

Baca Juga:
Ibunya Jadi Bahan Candaan di TikTok, Atta Halilintar Ngamuk!

Diketahui lebih dari 470.000 orang meninggal dunia karena COVID-19, dan 17 juta, dari total 212 juta populasi, telah terinfeksi virus tersebut.

"Partisipasi Argentina di Copa America sebagaimana tercermin dari sportiVitasnya sepanjang sejarah," kata Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA) dalam pernyataan yang dilansir AFP, Senin (7/6/2021).

Sementara itu, Argentina saat ini juga diguncang oleh pandemi COVID-19 setelah mencatat lebih dari 80.000 kematian, dan hampir empat juta kasus infeksi dari total 45 juta populasi.

Baca Juga:
Berlliana Lovell Pamer Momen saat Ngegym, Warganet: Gak Bisa Fokus

Lebih lanjut, AFA menyatakan akan menyediakan semua peralatan yang diperlukan untuk menjamin perawatan khusus sebagai upaya memenuhi protokol kesehatan selama berlangsungnya Copa America.

Meski demikian, beberapa pemain dan pelatih yang akan ambil bagian dalam ajang tersebut mempertanyakan kelangsungan Copa America tahun ini.

"Copa America tahun ini mengkhawatirkan. Brasil bukan tempat terbaik," tutur pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni pekan lalu.

Baca Juga:
Trofi UCL Sudah, Pulisic Kini Antar AS Juara Nations League CONCACAF

Selain itu, pelatih Timnas Chile asal Uruguay, Martin Lasarte menambahkan keputusan untuk tetap menggelar Copa America di Brasil memiliki risiko yang sangat besar.

Timnas Argentina dijadwalkan bertolak ke Kolombia pada Rabu(9/6/2021) untuk menjalani laga lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan.

Sebelumnya, mereka bermain imbang 1-1 di kandang melawan Chile pada pekan lalu.

Baca Juga:
Tampil Kenakan Outfit Sporty, Intip 5 Potret Body Goals Awkarin

Lionel Messi dan kolega untuk sementara duduk di urutan kedua papan klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan, empat poin di belakang pemuncak Brasil.

Sementara itu, Copa America 2021 akan dimulai pada 14 Juni , dengan tuan rumah Brasil dijadwalkan menghadapi Venezuela di Brasilia.

Kemudian laga pertama Argentina adalah melawan Chile pada keesokan harinya di Rio de Janeiro.

Load More