Rauhanda Riyantama
Ekspresi kesedihan Luiz Suarez usai Uruguay kalah adu penalti melawan Peru di ajang Copa America 2019. (AFP)

Bolatimes.com - Perjalanan Uruguay di ajang Copa America 2019 harus berakhir di babak perempatfinal. Tim besutan Oscar Tabarez itu kalah dalam drama adu penalti melawan Peru setelah pertandingan dalam waktu normal berakhir sama kuat 0-0.

Dalam laga yang dihelat di Arena Fonte Nova, Brasil pada Minggu (30/6/2019) dini hari WIB itu, Uruguay kalah penalti 4-5). Kekalahan ini tak lepas dari kegagalan striker Barcelona, Luiz Suarez dalam mengeksekusi bola dari titik putih membuat laju tim berjulukan La Celeste terhenti.

Jalannya pertandingan

Baca Juga:
Dua Golnya Sempat Dianulir Wasit, Chile Tembus Semifinal Copa America

Babak pertama dimulai, pertandingan Uruguay vs Peru berjalan dengan tempo cukup lambat. Di 14 menit pertama, kedua tim tak terlihat menunjukkan agresivitas dalam menyerang.

Peluang pertama diperoleh Uruguay pada menit ke-15 melalui sundulan Luis Suarez. Namun belum menemui sasaran. Setelah itu, laga berjalan cenderung alot karena kedua kesebelasan sama-sama kesulitan bikin peluang.

Jarang mendapat kesempatan, Edison Cavani hampir menjebol gawang Peru yang dijaga kiper Pedro Gallese. Pada menit ke-37, memanfaatkan umpan manis Giorgian de Arrascaeta, Cavani bisa melepaskan tembakan, namun masih bisa diantisipasi Pedro Gallese.

Baca Juga:
Bekuk Venezuela, Argentina Tantang Brasil di Semifinal Copa America 2019

Hingga peluit akhir babak pertama ditiup wasit, kedudukan masihsama kuat 0-0. Meski menciptakan cukup banyak tembakan, hanya 3 kali tembakan anak-anak Uruguay yang tepat sasaran. Sementara itu, Peru tercatat hanya mampu membuat tiga peluang tanpa satu pun yang mengarah ke gawang.

Memasuki babak kedua, tensi pertandingan tidak jauh berbeda dengan babak pertama. Peluang menghampiri Uruguay di menit ke-62. Tendangan kaki kiri Edinson Cavani dari luar kotak penalti masih sanggup diredam kiper Peru.

Pertandingan alot dan cenderung monoton tanpa peluang membuat pertandingan berjalan jauh dari harapan. Hingga skor imbang 0-0 tak berubah dan dilanjutkan melalui babak adu penalti.

Baca Juga:
Dapat Keringanan, Pelaku Pelecehan Seksual Kembali Diizinkan Perkuat Mesir

Para pemain peru merayakan keberhasilan lolos semi final Copa America 2019 usai mengalahkan Uruguay melalui drama adu penalti. (AFP)

Luis Suarez merupakan pemain pertama Uruguay yang maju sebagai eksekutor. Sayang, tendangan kaki kanan Suarez ke arah kiri bawah mampu dibaca kiper Pedro Gallese.

Meski empat eksekutor Uruguay sukses mengeksekusi bola penalti, namun lima penendang Peru tak ada yang gagal satupun, Uruguay kalah 4-5. Uruguay akhirnya harus angkat koper dari ajang Copa America 2019.

Hasil ini membuat Peru akan menantang Cile di semifinal. Sebelumnya Cile berhasil lolos usai mengandaskan Kolombia juga lewat adu penalti.

Perebutan tiket final Copa America 2019 antara Cile vs Peru akan berlangsung di Arena do Gremio, Kamis (4/7/2019) pagi WIB.

Susunan pemain:

Uruguay: 1-Fernando Muslera, 3-Diego Godin, 2-Jose Gimenez, 22-Martin Caceres, 4-Giovanni Gonzalez, 15-Federico Valverde, 6-Rodrigo Bentancur, 10-Giorgian de Arrascaeta, 8-Nahitan Nandez, 9-Luis Suarez, 21-Edinson Cavani

Pelatih: Oscar Tabarez

Peru: 1-Pedro Gallese, 2-Luis Abram, 15-Carlos Zambrano, 6-Miguel Trauco, 17-Luis Advincula, 8-Christian Cueva, 19-Yoshimar Yotun, 13-Renato Tapia, 9-Paolo Guerrero, 20-Edison Flores, 18-Andre Carrillo

Pelatih: Ricardo Gareca

Wasit: Wilton Pereira Sampaio (Brasil)

Load More