Galih Priatmojo
Roberto Firmino dan Mohamed Salah melakukan selebrasi usai Liverpool menang atas Tottenham Hotspur. Dalam laga Liga Primer Inggris pekan ke-32, Liverpool menang 2-1 dan memastikan diri kembali ke posisi puncak klasemen sementara. [PAUL ELLIS / AFP]

Bolatimes.com - Leg pertama babak perempat final Liga Champions antara Liverpool kontra Porto bakal dihelat Rabu, (9/4/2019) dini hari nanti. Berikut fakta fakta menarik menjelang duel kedua tim di Anfield.

Laga menarik akan tersaji di Anfield saat Liverpool menjamu Porto. Namun, melihat pertemuan kedua tim sebelumnya, skuat besutan Jurgen Klopp ini memang lebih diunggulkan.

Di ajang Eropa, tercatat, kedua tim sudah enam kali saling berhadapan. Dari enam pertemuan tersebut, Liverpool mendominasi dengan tiga kemenangan dan tiga hasil imbang. Sementara Porto belum sekalipun mampu mengalahkan tim berjuluk The Reds.

Baca Juga:
Empat Panser Anoa Dikerahkan, Begini Kondisi Terbaru GBT

Terakhir, The Reds menyingkirkan Porto dengan agregat 5-0 saat babak 16 besar Liga Champions di musim lalu. Tidak heran, Klopp meminta skuatnya waspada karena ada aroma dendam yang akan diusung Porto dalam laga ini.

Duo winger andalan Liverpool, Mohamed Salah (kiri) dan Sadio Mane. [Oli SCARFF / AFP]

Namun, pelatih Porto Sergio Conceicao sudah menegaskan bahwa skuatnya tidak memiliki motivasi untuk melakukan balas dendam menghadapi Liverpool.

"Saya telah mendengar Anda terus-menerus mengajukan pertanyaan ini, tentang apakah itu tentang balas dendam terhadap Liverpool," kata Conceicao kepada wartawan seperti dilansir Scoresway.

Baca Juga:
Gelandang FC Porto Sesumbar Bisa Hentikan Trio Liverpool

"Tidak, ini bukan tentang balas dendam, ini adalah pertandingan sepak bola. Semua pertandingan memiliki sejarah, sejarah yang berbeda dengan laga yang lain. Kami harus memahami bahwa tidak ada hasil tunggal yang dapat mengubah karakteristik tim kami."

Berikut fakta fakta menarik menjelang duel Liverpool vs Porto seperti yang dihimpun dari BBC Sport.

1. Liverpool tidak pernah kalah dalam pertandingan di kompetisi Eropa melawan Porto. Dari enam pertemuan sebelumnya, Liverpool meraih tiga kemenangan, tiga kali seri.

Baca Juga:
Preview Liga Champions: Sudah Pulih, Tottenham Wajib Waspadai Sergio Aguero

2. Porto tidak pernah menghadapi lawan di Liga Champions lebih sering daripada Liverpool tanpa meraih kemenangan (empat pertandingan). Mereka juga gagal menang dalam empat pertandingan melawan Zenit St Petersburg dan Juventus.

Pemain Liverpool Sadio Mane mengikuti sesi latihan bersama klubnya [AFP]

3. Penyerang Liverpool, Sadio Mane, telah mencetak sembilan dari 13 gol pada fase gugur dengan persentase 69 persen. Di antara pemain-pemain yang setidaknya sudah mencetak 10 gol di Liga Champions, Sane hanya kalah dari Ivica Olic (70 persen).

4. Striker Porto Moussa Marega bisa menjadi pemain keempat dalam sejarah Liga Champions untuk mencetak gol dalam tujuh pertandingan berturut-turut dalam kompetisi, setelah Edinson Cavani, Ruud van Nistelrooy dan Cristiano Ronaldo.

Baca Juga:
Tiga Fakta yang Perlu Diketahui Jelang Duel Persebaya vs Arema FC

5. Porto telah gagal menang dari 12 pertandingan tandang terakhir mereka di Liga Champions ( Seri 4, Kalah 8). Kemenangan terakhir Porto adalah di Deportivo La Coruna pada 2004 saat masih di bawah manajer Jose Mourinho.

Load More