Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
Reaksi penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo usai mendapatkan kartu merah saat melawan Valencia pada 19 September 2018 (Jose Jordan/AFP)

Bolatimes.com - Pemain bintang Juventus, Cristiano Ronaldo diganjar kartu merah saat berhadapan dengan Valencia di laga fase Grup H Liga Champions pada Kamis (20/9/2018). Kartu merah itu pun menjadi kartu merah yang ke-11 sepanjang kariernya.

Valencia takluk dikandang sendiri ketika menjamu Juventus di Stadion Mestalla. Mereka tunduk dari tim tamu dengan skor 2-0. Dua gol Si Nyonya Tua diborong Miralem Pjanic lewat titik putih pada menit ke-45 dan ke-51.

Meski kemenangan berhasil diraih Juventus, namun Cristiano Ronaldo yang jadi sorotan pada laga malam itu seusai diganjar kartu merah.

Baca Juga:
Dibantai Real Madrid 3-0, De Rossi Akui AS Roma Mati Langkah

Cristiano Ronaldo diusir oleh wasit Felix Brych pada menit ke-29 karena dianggap menarik rambut pemain Valencia, Jeison Murillo. Insiden tersebut terjadi setelah Ronaldo dan Murillo terlibat kontak fisik.

Kartu merah itu pun menjadi kartu merah pertama Ronaldo di Liga Champions sekaligus menjadi kartu merah yang ke-11 yang didapatnya sepanjang kariernya.

Dikutip dari Super Sport, berikut 11 momen Cristiano Ronaldo ketika menerima kartu merah:

Baca Juga:
Bela Ronaldo, Allegri Minta Liga Champions Segera Terapkan VAR

1. 15 Mei 2004 ( Aston Villa 0-2 Manchester United)

Manchester United berhasil menang dari Aston Villa pada hari terakhir musim 2003/04, Cristiano Ronaldo pun mencetak gol pada kemenangan Setan Merah tersebut. Tapi dia mendapatkan kartu kuning dua kali karena diving dan membuang-buang waktu. Kartu merah pun dikeluarkan oleh wasit sehingga Ronaldo tak perlu diskorsing.

2. 14 Januari 2006 (Manchester City 3-1 Manchester United)

Baca Juga:
Tangis dan Kartu Merah Pertama Ronaldo di Liga Champions

Cristiano Ronaldo saat mendapatkan kartu merah ketika melawan Manchecter City (Dok. Telegraph)

Kala itu Cristiano Ronaldo langsung mendapatkan kartu merah lantaran melanggar penyerangan Manchester City sekaligus mantan pemain Manchester United, Andy Cole. Setan Merah pun kalah dalam derby Manchester itu dengan skor 3-1 untuk kemenangan CIty.

3. 15 Agustus 2007 (Portsmouth 1-1 Manchester United)

Sebuah kartu merah dan larangan bermain sebanyak 3 pertandingan dijatuhkan kepada Cristiano Ronaldo setelah ia menanduk gelandang Portsmouth, Richard Hughes dalam laga yang berakhir imbang 1-1 di Stadion Fratton Park.

Baca Juga:
Hasil Liga Champions: Tangis Ronaldo Warnai Kemenangan Juventus

4. 30 November 2008 (Manchester City 0-1 Manchester United)

Cristiano Ronaldo saat mendapatkan kartu merah ketika melawan Manchecter City (Dok. Zimbio.com)

Pada derby Manchester ini Cristiano Ronaldo mendapatkan dua kali kartu kuning setelah melanggar pemain Manchester City, Shaun Wright-Phillips dan melakukan handball.

5. 5 Desember 2009 (Real Madrid 4-2 Almeira)

Kartu merah pertama Cristiano Ronaldo di La Liga didapatnya di musim pertamanya. Ronaldo mendapatkan dua pelanggaran yang menghasilkan kartu kuning usai gagal mengeksekusi penalti dan saat mencetak gol keempat Real Madrid dalam kemenangan 4-2 atas Almeira.

6. 24 Januari 2010 (Real Madrid 2-0 Malaga)

Sebulan kemudian, Cristiano Ronaldo menggandakan kartu merahnya di Santiago Bernabeu ketika ia menyikut gelandang Malaga, Patrick Mtiliga tepat di wajahnya saat Ronaldo mencoba meloloskan diri penjagaan. Tapi sebelumnya Ronaldo juga telah mencetak dua gol untuk Real Madrid.

7. 17 Mei 2013 (Real Madrid 1-2 Atletico Madrid)

Cristiano Ronaldo saat mendapatkan kartu merah ketika melawan Atletico Madrid (Javier Soriano/AFP)

Laga ini menjadi laga petaka bagi Cristiano Ronaldo dan Real Madrid karena untuk pertama kalinya mereka kalah di derby Madrid dalam 14 tahun terakhir. Ronaldo juga mendapatkan kartu merah langsung usai menendang kapten Atletico Madrid, Gabi di menit-menit menjelang berakhirnya pertandingan.

8. 2 Februari 2014 (Athletic Bilbao 1-1 Real Mardrid)

Cristiano Ronaldo dijatuhi hukuman larangan bertanding sebanyak 3 pertandingan setelah bentrok dengan bek Athletic Bilbao, Carlos Gurpegi dan melakukan protes kepada wasit saat ia menerima kartu merah langsung.

9. 24 Januari 2015 (Cordoba 1-2 Real Madrid)

Cristiano Ronaldo saat mendapatkan kartu merah ketika melawan Cordoba (Cristina Quicler/AFP)

Pada laga ini, bisa dibilang pelanggaran paling keras yang dilakukan oleh Cristiano Ronaldo dalam kariernya. Ia menendang sekaligus memukul bek Cordoba, Edimar.

10. 13 Agustus 2017 (Barcelona 1-3 Real Madrid)

Cristiano Ronaldo saat mendapatkan kartu merah ketika melawan Barcelona (Josep Lago/AFP)

Cristiano Ronaldo menunjukkan banyak aksi pada laga ini ketika masuk sebagai pengganti pada menit ke-24. Ronaldo berhasil membawa Real Madarid unggul 2-1, tapi selebrasi buka baju yang dilakukan mantan pemain Manchester United itu membuatnya mendapatkan kartu kuning. Dua menit kemudian, Ronaldo kembali mendapatkan kartu kuning saat melakukan diving di kotak terlarang dalam upaya mendapatkan penalti.

11. 19 September 2018 (Valencia 0-2 Juventus)

Reaksi penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo usai mendapatkan kartu merah saat melawan Valencia pada 19 September 2018 (Jose Jordan/AFP)

Cristiano Ronaldo mengawali debut pertamanya di Liga Champions bersama Juventus dengan tangisan setelah mendapatkan kartu merah langsung. Wasit asal Jerman Felix Brych mengeluarkan kartu merah untuk Ronaldo pada menit ke-29 setelah dianggap menarik rambut bek Valencia, Jeison Murillo.

Load More