Stephanus Aranditio | Rauhanda Riyantama
Aksi fans Jepang saat memungut sampah di tribun stadion.

Bolatimes.com - Kebersihan menjadi salah satu yang disorot selama gelaran Piala Dunia 2018 berlangsung. Salah satunya, lewat aksi viral fans Jepang saat memungut sampah di tribun stadion usai pertandingan Jepang lawan Kolombia beberapa waktu lalu.

Aksi ini kembali terulang kala timnya bersua Senegal di Ekaterinburg Arena, Minggu (24/6/2018). Meskipun pertandingan berakhir imbang 2-2, fans Jepang tetap tertib dan menjaga kebersihan. Mareka tak segan memungut sampah yang berserakan di tribun stadion. Sungguh aksi yang patut dicontoh.

Baca Juga:
Gawat! Suvenir Piala Dunia 2018 Diisi Narkoba

Umumnya, masalah kebersihan menjadi tanggung jawab cleaning service atau volunteer. Ternyata, kinerja mereka dibantu oleh fans Jepang. Hebatnya lagi, aksi positif itu ditiru fans Senegal kala timnya bersua Polandia.

Aksi bersih-bersih tersebut rupanya sudah mendarah daging bagi orang Jepang. Di negeri asal mereka, menjaga kebersihan telah ditanamkan sejak kecil. "Ini bukan hanya soal kultur sepak bola, tetapi ini bagian dari kultur masyarakat Jepang," ujar jurnalis Scott Mclntyre kepada BBC.

"Anda sering mendengar orang berkata sepak bola adalah refleksi kultur. Aspek penting di masyarakat Jepang adalah memastikan segalanya bersih dan itu berlaku di semua acara olahraga dan tentunya di sepak bola," tegas Scott.

Baca Juga:
Bepe Sindir Umuh Muchtar Jelang Laga Persija Vs Persib

Tak butuh waktu lama, berkat aksinya itu banyak dari fans-fans negara lain yang bertanya-tanya. Mereka terkejut dengan kebiasaan fans Jepang yang melakukannya dengan tersenyum.

"Membersihkan stadion setelah pertandingan sepak bola adalah lanjutan dari perilaku dasar yang diajarkan di sekolah, saat para murid membersihkan ruang kelas mereka dan lorong sekolah," papar Scott.

Baca Juga:
Bambang Pamungkas: Persija dan Persib Tak Pantas Disebut Rival!

"Dengan terus diingatkan saat masa kecil, perilaku ini kemudian menjadi kebiasaan bagi hampir seluruh warga Jepang," pungkasnya.

Aksi fans Jepang ini tentu mendapat pujian dari banyak pihak. Mereka dinilai sudah mengambil langkah tepat dan memberi contoh kepada dunia. Bahwa merawat planet ini merupakan tanggung jawab bersama. Dan sepak bola adalah wadah yang tepat.

Piala Dunia semakin indah kala dapat menyatukan semua bangsa. Dan sekaligus menjadi tempat bertukar pikiran dan kebudayaan. Itulah indahnya sepak bola.

Baca Juga:
Viral! Video Tarian Unik Timnas Senegal Saat Latihan di Rusia

 

Bolatimes.com/Rauhanda Riyantama

Load More