Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Selebrasi pemain AS Roma saat berhasil menyingkirkan Barcelona di Liga Champions

Bolatimes.com - AS Roma tampil heroik menghempaskan Barcelona 3-0 pada laga leg kedua perempat final Liga Champions di Stadion Olimpico, Rabu (11/4/2018) dini hari tadi.

Hasil tersebut membuat pasukan Serigala Ibukota berhak melaju ke semifinal karena unggul agresivitas gol tandang atas Barcelona. Seperti diketahui, pada pertemuan pertama AS Roma ditekuk 1-4 oleh Lionel Messi Cs. Dengan kemenangan ini membuat skor agregat kedua tim menjadi 4-4.

Prestasi itu pun memunculkan catatan yang unik. Ya, pasalnya kali terakhir AS Roma melenggang ke babak empat besar pada musim 1983-1984.

Baca Juga:
AS Roma Lolos Semifinal Untuk Pertama Kalinya Sejak 34 Tahun Lalu

Bahkan, saat itu mega bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo belum lahir dan pengeran Roma, Francesco Totti baru berusia delapan tahun.

Di kompetisi yang masih bernama Piala Champions tersebut, I Giallorossi menang agregat 4-2 atas Dynamo Berlin di perempat final.

Baca Juga:
4 Fakta di Balik Kemenangan AS Roma Atas Barcelona

Kiprah AS Roma tak terbentung saat kembali menghempaskan lawannya di laga semifinal. Bersua wakil klub Skotlandia, Dundee United, AS Roma menang dengan skor agregat 3-2.

Pada leg pertama, AS Roma kalah telak 2-0 saat bermain di Tannadice Park, kandang Dundee United. Tetapi comeback hebat dilakukan AS Roma saat berhasil menang 3-0 di Stadion Olimpico Roma.

Baca Juga:
Sama Seperti AS Roma, Sebelas Tim Ini Juga Berhasil Comeback Lho

Namun, sayangnya skuat racikan Nils Liedholm gagal menjuarai laga tersebut setelah tumbang dari wakil Inggris, Liverpool.

Pada laga puncak tersebut, kedua tim sempat bermain sama kuat 1-1 pada waktu normal, gol Liverpool berhasil dicetak oleh Roberto Pruzzo. Akan tetapi, pada akhirnya AS Roma harus memupus harapan saat kalah dalam drama adu penalti.

Baca Juga:
Liverpool Cetak Rekor Kalahkan City Tiga Kali Dalam Semusim

Berikut daftar skuat AS Roma di Liga Champions 1983/1984:

Franco Tancredi (GK), Sebastiano Nela, Dario Bonetti, Ubaldo Righetti, Falcao, Aldo Maldera, Bruno Conti, Toninho Cererzo, Agostino Di Bartolimei, Francesco Graziani, Emidio Oddi, Odoacre Chierico

Pelatih: Nils Liedholm (Swedia)

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More