Rabu, 08 Desember 2021
Arif Budi Setyanto : Minggu, 17 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Bolatimes.com - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie berhasil memenangkan laga melawan Anders Antonsen pada semifinal Thomas Cup 2020, Sabtu (16/10/2021) malam WIB. Kemenangan pebulu tangkis berusia 24 tahun ini disebut sebagai faktor penentu tim Merah Putih bisa melaju ke final.

Indonesia bertemu Denmark di semifinal Thomas Cup 2020. Pada laga pertama, Viktor Axelsen berhasil mengalahkan Anthony Ginting dua set langsung dengan skor 21-9 dan 21-15.

Di gim kedua, giliran Indonesia yang meraih poin. Kevin Sanjaya/Marcus Gideon menang atas Kim Astrup/Anders Rasmussen. Ganda nomor satu dunia itu menang lewat rubber game atau tiga set dengan skor 21-13, 10-21, dan 21-15.

Kemudian di laga ketiga terjadi pertarungan sengit antara Jonatan Christe melawan Anders Antonsen. Dalam laga itu, Antonsen sejatinya lebih diunggulkan.

Sebab Antonsen bermain di kandang sendiri dan Jojo sapaan Jonatan akhir-akhir ini kesusahan menemukan performa terbaiknya. Akan tetapi, di tengah situasi genting serta tak diunggulkan, peraih emas Asian Games 2018 lalu malah tampil solid.

Jonatan Christie (Instagram/Galih)

Situs resmi BWF pun tak sungkan untuk memuji pebulu tangkis kelahiran Jakarta ini. Jonatan juga disebut sebagai faktor penentu kemenangan Indonesia melawan Denmark.

"Christie adalah faktor X yang membuka jalan Indonesia. Dengan kedudukan imbang, dan pemain lokal Antonsen menjadi favorit, Christie menampilkan performa yang memukau," tulisan di situs resmi BWF.

"Christie sedang berjuang untuk menemukan kembali performa yang telah membantunya memenangkan Asian Games 2018, tetapi hari ini dia menunjukkan kualitas yang dibutuhkan untuk menahan Antonsen," imbuh laporan tersebut.

Fajar Alfian kemudian mengucapkan bahwa kemenangan Jonatan ini membuatnya semakin percaya diri menghadapi gim keempat. Pasalnya, Indonesia sudah unggul 2-1 dan hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk lolos ke final.

"Kemenangan Christie membuat kami semakin percaya diri. Kami kalah dari Denmark di final Thomas Cup 2016, jadi kami ingin membalikkan keadaan kali ini," ucap Fajar Alfian.

Pada akhirnya Fajar Alfian dan pasangannya Muhammad Rian Ardianto sukses mengunci kemenangan dari Mathias Christiansen/Frederik Sogaard. Kemenangan itu membuat Indonesia lolos ke final Thomas Cup 2020.

BACA SELANJUTNYA

5 Penyerang yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020