Husna Rahmayunita
Luciano Spalletti pelatih anyar Timnas Italia. (FIGC)

Bolatimes.com - Timnas Italia resmi mengumumkan pelatih anyar yakni Luciano Spalletti. Eks juru taktik Napoli tersebut akan menggantikan Roberto Mancini yang hengkang.

Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) mengumumkan Luciano Spalletti sebagai nahkoda anyar Gli Azzurri, Sabtu (19/8/2023).

"Tim nasional membutuhkan pelatih hebat dan saya sangat senang dia menerimanya," kata Presiden FIGC Gabriele Gravina di laman resmi federasi.

Baca Juga:
Dua Pemain Timnas Indonesia U-23 Batal Main di Piala AFF U-23 2023, Shin Tae-yong Pasrah

Tim berjuluk Gli Azzuri itu akan mulai dipimpin oleh Spalleti mulai 1 September mendatang.

"Antusiasme dan keahliannya (Spalletti) akan menjadi dasar untuk tantangan yang menanti Italia dalam beberapa bulan mendatang," ungkap Gabriele Gravina.

Sebelumnya Luciano Spalletti memutuskan mengundurkan diri dari Napoli seusai membawa tim kota Naples tersebut menjuarai gelar Serie A musim 2022/2023 yang telah dinantikan klub selama 33 tahun.

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Jadi Sorotan saat Kalah dari Malaysia di Piala AFF U-23 2023

Pelatih berusia 64 tahun itu memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia sepak bola selama satu tahun. Namun seusai dikaitkan dengan timnas Italia, Spalletti memutuskan untuk kembali mengambil peran sebagai pelatih.

Sementara itu Roberto Mancini resmi mengundurkan diri dari Timnas Italia pada 13 Agustus lalu karena alasan pribadi, setelah mengabdi selama lima tahun.

Di bawah Mancini, Italia mampu menjadi juara pada gelaran Euro 2020. Namun Mancini gagal membawa Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Berpotensi Merusak Rekor Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 jika Gagal Lolos ke Semifinal

Kini Luciano Spalletti mempunyai tantangan untuk membawa Italia mampu mempertahankan gelar juara Eropa yang akan berlangsung di Jerman setahun mendatang.

Saat ini Italia tengah menjalani kualifikasi Euro dan tergabung di grup C. Italia berada di peringkat ketiga dengan torehan tiga poin hasil dari satu kali menang dan satu kali kalah.

(Antara)

Baca Juga:
Bobol Gawang Timnas Indonesia U-23, Striker Naturalisasi Malaysia: Saya Sedikit Emosional

Load More