Irwan Febri Rialdi
Kapten Al Nassr, Cristiano Ronaldo merayakan gol hattrick-nya saat mengalahkan Damac di lanjutan Liga Arab Saudi, Sabtu (25/2/2023). (Twitter/@Cristiano)

Bolatimes.com - Cristiano Ronaldo kembali melontarkan komentar yang menarik perhatian publik usai menyebut Liga Arab Saudi lebih baik daripada Major League Soccer atau MLS.

Komentar ini menyusul jawaban Ronaldo saat ditanya soal ketertarikannya untuk menyusul Lionel Messi yang hijrah ke MLS untuk membela Inter Miami.

Dengan adanya Messi, MLS ingin lebih melebarkan sayap ke penjuru dunia, memperkenalkan sepakbola Amerika Serikat yang saat ini masih kalah populer ketimbang olahraga lain seperti basket, bisbol, atau american football.

Baca Juga:
Profil Nagaworld FC, Klub Kamboja yang Dikabarkan Jadi Pelabuhan Baru Rafli Mursalim

Sebelum Messi, MLS memang sudah melebarkan sayap mereka dengan kedatangan pemain-pemain top Eropa seperti Wayne Rooney, David Beckham, Zlatan Ibrahimovic, Frank Lampard, hingga Gareth Bale.

Penjelasan

Di lain sisi, Liga Arab Saudi juga semakin berbenah dan memperluas jangkauan pasar mereka dengan datangnya para bintang sepak bola dunia.

Baca Juga:
Tak Dilirik Shin Tae-yong, Eks Striker Timnas Indonesia U-19 Hijrah ke Liga Kamboja

Semua ini bermula ketika Cristiano Ronaldo datang ke Al Nassr pada musim dingin lalu. Nama besar Ronaldo langsung menjadi magnet buat para pecinta sepak bola dunia untuk melihat Liga Arab Saudi atau Saudi Pro League.

Dalam sebuah wawancara yang dilansir Football Espana, Ronaldo juga menyebut bahwa Liga Arab Saudi jauh lebih baik daripada MLS.

"Tidak," ujar Ronaldo ketika ditanya apakah akan mengikuti Messi ke MLS. "Saya rasa Arab jauh lebih baik ketimbang Amerika Serikat.

Baca Juga:
Dicopot dari Jabatan Kapten, Chelsea Siap Boyong Harry Maguire dari Manchester United

“Saya yang membuka jalan untuk Liga Arab Saudi.. dan kini semua pemain ingin datang ke sini," Ronaldo menambahkan seperti dilansir Football Espana.

Fakta bahwa Ronaldo membuka gerbang Liga Arab Saudi untuk pemain-pemain Eropa memang benar adanya. Kini nama-nama macam Karim Benzema, N'Golo Kante, Kalidou Koulibaly, Sergej Milinkovic-Savic hingga Roberto Firmino menyusul sang kapten Timnas Portugal itu. 

Kesimpulan

Baca Juga:
Sudah Tak Sabar, Jordi Amat Tanya Siapa Lawan Timnas Indonesia Selanjutnya

Pendapat Ronaldo memang bersifat personal dan subjektif karena saat ini ia bermain bersama Al Nassr di Liga Arab Saudi. Namun beberapa fakta menunjukkan sebaliknya.

Menurut data Transfermarkt, saat ini MLS punya total nilai pasar mencapai 1,24 miliar euro. Angka ini jauh mengungguli Liga Arab Saudi yang cuma punya total harga pasar 461,45 juta euro.

Belum lagi fakta dari ranking kompetisi liga di dunia. MLS saat ini menduduki peringkat ke-56 liga terbaik di dunia dengan total poin 69,1.

Sementara Liga Arab Saudi atau Saudi Pro League menempati peringkat ke-68 sebagai liga terbaik di dunia dengan poin 66,7. Bahkan Liga Arab Saudi juga masih kalah dari J1 League yang menduduki peringkat ke-53 dunia.

Dengan penelusuran data yang dilakukan Bolatimes, pernyataan soal Liga Arab Saudi lebih baik dari MLS tidak bisa dibuktikan secara data.

Oleh karena itu, penilaian yang diberikan oleh Cristiano Ronaldo merupakan penilaian subjektif yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More