Husna Rahmayunita
Zion Suzuki. (Instagram/@urawaredsofficial)

Bolatimes.com - Sosok penjaga gawang keturunan Ghana-Jepang, Zion Suzuki jadi salah satu pemain incaran Manchester United di bursa transfer musim panas.

Manchester United dikabarkan berminat mendatangkan Zion Suzuki sebagai salah satu proyek khusus yang disiapkan sebagai pengganti David de Gea dan Dean Anderson yang kabarnya akan segera angkat kaki.

Selain nama Zion Suzuki, Manchester United sebetulnya juga sempat dikaitkan dengan beberapa nama kiper top Eropa. Salah satu yang mencuat di permukaan ialah penjaga gawang Inter Milan, Andre Onana.

Baca Juga:
Aroma Timnas Indonesia di Lini Belakang Persija Jakarta, Rizky Ridho Tak Terkendala Adaptasi

Akan tetapi, berdasarkan laporan yang dirilis oleh Sponichi, The Red Devils kabarnya mengalihkan targetnya kepada kiper lain. Yang terbaru, alternatif lainnya ialah Zion Suzuki asal klub Jepang, Urawa Red Diamonds.

Profil Zion Suzuki

Zion Suzuki merupakan salah satu kiper muda yang disebut-sebut bakal menjadi andalan Timnas Jepang pada masa depan. Sebab, pemain kelahiran 21 Agustus 2002 ini baru berumur 20 tahun.

Baca Juga:
Profil Mahesa Ekayanto, Pemain Binaan FC Dordrecht yang Layak Dipanggil ke Timnas Indonesia U-17

Salah satu fakta menarik dari Zion Suzuki ialah karena dia lahir dari pasangan ayah berkebangsaan Jepang dan Ibu yang berpaspor Ghana. Namun, dia tak lahir di Negeri Samurai, melainkan di Amerika Serikat.

Meskipun demikian, ia justru tumbuh besar di Saitama dan mulai mengenal sepak bola sejak Sekolah Dasar. Ketika itu, dia mulai menimba ilmu di Saitama Municipal Daito Elementary School.

Selepas lulus SD, Zion Suzuki melanjutkan studi di Kizaki Junior School. Pada masa-masa ini, ia yang saat itu berusia 11 tahun mulai bermain sebagai kiper. Potensinya yang mencolok dibanding pemain-pemain seusianya pun mencuri perhatian Urawa Reds Diamonds.

Baca Juga:
Menilik Peluang Timnas Indonesia Hadapi Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Pada akhirnya, Zion Suzuki mulai berlatih sepak bola secara intensif setelah direkrut Urawa Red Diamonds Academy. Setelah menimba ilmu bersama Urawa Reds sejak tahun 2013, Zion pada akhirnya mendapat kontrak profesional pada tahun 2021.

Debutnya di kasta tertinggi Liga Jepang, atau J1 League terjadi ketika Urawa Reds menghadapi Shonan Bellmare pada 2 Maret 2021. Pertandingan ini sekaligus menjadi penampilan resmi pertama Zion pada level profesional.

Zion Suzuki sebetulnya sudah mulai mencuri perhatian sejak memperkuat timnas Jepang U-17 pada Piala Dunia U-17 2017. Dua tahun berselang, dia juga masih menjadi andalan timnas Jepang pada gelaran Piala Dunia U-20 2019.

Baca Juga:
Media Malaysia Girang usai Lawan Harimau Malaya di Laga Uji Coba Berhasil Juara Piala AFF-nya Asia Selatan

Bahkan, pada tahun yang sama pula, Zion kembali dipercaya untuk memperkuat Jepang U-17 pada Piala Dunia U-17 2019. Selain dua kelompok usia di atas, sebetulnya ia sudah mulai bermain untuk timnas Jepang sejak di kelompok usia U-15. 

Kiprahnya kemudian berlanjut di level U-16, U-17, U-18, dan U-23 yang dipersiapkan untuk Olimpiade 2020. Pada kejuaraan ini, dia sukses terpilih dari proses seleksi.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More