Rauhanda Riyantama | Arief Apriadi
Timnas Uruguay U-20 juara Piala Dunia U-20 2023 usai kalahkan Italia 1-0. (Dok. FIFA)

Bolatimes.com - Timnas Uruguay U-20 sukses menjadi juara Piala Dunia U-20 2023 usai mengalahkan Italia dengan skor tipis 1-0 di Estadio Unico Diego Armando Maradona, La Plata, Argentina, Senin (12/6/2023) pagi WIB. Gol tunggal kemenangan dicetak oleh 

Winger kanan Uruguay, Luciano Rodriguez jadi pahlawan kemenangan negaranya. Dia mencetak gol saat waktu normal tersisa empat menit.

Rodriguez bereaksi dengan baik untuk menyambut sebuah umpan crossing di dalam kotak penalti dan lalu melepaskan sundulan sempurna yang melesat masuk rendah ke sisi kiri gawang.

Baca Juga:
Piala Dunia U-20 2023: Israel Rebut Posisi Tiga usai Kalahkan Korea Selatan

Gol itu tercipta hanya semenit setelah wasit Glenn Nyberg membuat kedua tim bingung lantaran menurunkan hukuman kepada pemain Italia Matteo Prati dari kartu merah menjadi kartu kuning setelah sang pemain bertindak kasar kepada lawannya.

Tak hanya itu, para pemain dan staf pelatih Uruguay sempat dipaksa menunda selebrasi karena wasit memilih untuk mengulas proses terjadinya gol lewat video assistant referee (VAR).

Wasit Glenn Nyberg ingin memastikan apakah gol Uruguay lebih dulu diwarnai offside atau tidak dan VAR pada akhirnya membuktikan gol Luciano Rodriguez sah hingga tim asuhan Marcelo Broli pun melakukan selebrasi liar di pinggir lapangan.

Baca Juga:
Tragis, Momen Wasit Dianiyaya Oknum Suporter saat Pimpin Laga Tarkam

Italia coba mengejar ketertinggalan dalam sisa waktu di mana wasit memberikan tambahan +11 menit. Namun, pada akhirnya, keunggulan 1-0 Uruguay tak berubah hingga pertandingan berakhir.

Kemenangan ini membuat Uruguay untuk kali pertama dalam sejarah berhasul menjuarai Piala Dunia U-20. Prestasi terbaik mereka sebelumnya adalah runner-up pada 1997 dan 2013.

Uruguay juga menjadi tim Amerika Selatan pertama yang memenangi event terakbar kedua FIFA ini sejak kali terakhir dilakukan Brasil pada 2011 silam.

Baca Juga:
3 Hari Jelang Lawan Palestina, Asnawi Mangkualam Malah Dimainkan Hampir Full oleh Jeonnam Dragons

Kemenangan ini sekaligus meruntuhkan dominasi negara-negara Eropa yang sejak dekade terakhir selalu keluar sebagai juara yakni Prancis (2013), Serbia (2015), Inggris (2017) dan Ukraina (2019).

Di sisi lain, hasil ini sangat mengecewakan untuk Italia. Mereka harus kembali menunda untuk mencicipi manisnya gelar juara Piala Dunia U-20 di mana prestasi terbaik mereka sebelum jadi runner-up edisi 2023 adalah finis ketiga pada 2017 silam yang uniknya didapatkan setelah menekuk Uruguay.

Baca Juga:
Tiba di Indonesia Jelang FIFA Matchday Juni 2023, Bintang Palestina Takjub dengan Sambutan Hangat

Load More