Rauhanda Riyantama
Timnas Filipina di Piala AFF 2020. (dok.AFF Suzuki Cup)

Bolatimes.com - Timnas Filipina tidak main-main untuk menghadapi Piala AFF 2022 nanti. Mereka sudah merencanakan berbagai persiapan untuk mentas di ajang terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Adapun, Piala AFF 2022 akan berlangsung pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Nah, Filipina tergabung di Grup A.

Filipina akan menghadapi Thailand, Kamboja, Brunei Darussalam dan Timnas Indonesia. Laga perdana mereka akan dimulai pada 20 Desember melawan Kamboja.

Baca Juga:
Respons Jordi Amat Jelang Hadapi Saddil Ramdani di Laga Sabah FC vs JDT

Untuk menghadapi Piala AFF 2022, Filipina dijadwalkan melakukan berbagai rangkaian pemusatan latihan dan uji coba. Salah satunya pada 13-19 November 2022.

Selain itu, Filipina juga dijadwalkan bakal melakoni laga uji coba sebanyak dua kali. Laga uji coba pertama akan menghadapi Taiwan pada 8 Desember 2022.

Satu minggu berselang, Filipina dijadwalkan menghadapi Vietnam di laga uji coba pada 14 Desember 2022 atau satu minggu sebelum mereka mentas di Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Absen di Piala Dunia 2022, Erling Haaland Diincar Klub Kasta Ketujuh Liga Inggris

Dikabarkan oleh Dan Palami, selaku manajer tim Filipina dari The Asean Football, akan ada lebih dari 40 pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan di Manila nanti.

Disebutkan bahwa ini merupakan permintaan langsung dari pelatih anyar Filipina, Thomas Dooley, yang pernah menjadi asisten Jurgen Klinsmann. 

Selain persiapan itu, keseriusan Filipina untuk menghadapi Piala AFF 2022 juga terlihat dari niat mereka mendatangkan para pemain yang kini sedang merumput di Eropa.

Baca Juga:
Rekap Hasil Laga Uji Coba Timnas Indonesia U-20 di Turki: Lebih Banyak Menang Ketimbang Kalah

Pada penyelenggaraan kali ini, Palami berharap Filipina bisa diperkuat sejumlah pemain di Eropa, seperti penjaga gawang Birmingham City, Neil Etheridge, dan gelandang VfL Bochum, Gerrit Holtmann. Sedangkan bek Jefferson Tabinas memperkuat klub J League 2, Mito HollyHock.

Oscar Arribas, pemain yang diproyeksikan perkuat Timnas Filipina di Piala AFF 2022. (Twitter)

Dikabarkan juga bahwa Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) telah mengirimkan surat panggilan pada pemain asal Spanyol, Oscar Arribas.

Menurut laporan Murcia Plaza, PFF mengundang Oscar Arribas untuk ke Filipina pada 13-19 November 2022 mendatang. Kemungkinan besar, undangan itu dilakukan untuk membahas peluang Oscar Arribas tampil di Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Belajar dari Kekalahan Lawan Klub Arab Saudi, Kapten Timnas U-20 Ungkap Kelemahan Utama Skuadnya

Menyusul pemanggilan tersebut, Oscar Arribas tak bisa memperkuat Cartagena FC dalam laga putaran pertama Copa del Rey 2022-2023 melawan Deportivo Alfaro.

Nama Oscar Arribas tak masuk dalam daftar susunan pemain Cartagena FC dalam laga yang berhasil dimenangkan dengan skor 1-0 pada Minggu (13/11/2022).

Bahkan menurut laporan The Asean Football di akun Instagram mereka, manajer tim Filipina Dan Palami telah memanggil 8 pemain aboard untuk memperkuat Filipina.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More