Husna Rahmayunita
Pierre-Emerick Aubameyang resmi gabung Chelsea. [Instagram/@chelseafc]

Bolatimes.com - Jendela transfer musim panas 2022 resmi ditutup 1 September 2022. Berikut rekap hasil bursa transfer di hari terakhir penutupan atau deadline day.

Sejumlah kejutan terjadi di bursa transfer kali ini. Mulai dari Pierre-Emerick Aubameyang resmi gabung Chelsea hingga Anthony yang hijrah ke Manchester United.

Jendela transfer musim panas 2022 sudah resmi ditutup pada 1 September waktu setempat, khususnya bagi liga-liga top Eropa seperti Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, Bundesliga dan Ligue 1 Prancis.

Jika dikonversi ke waktu Indonesia, Bundesliga jadi liga yang bursa transfernya tutup paling cepat yakni pada Kamis (1/9/2022) pukul 22.00 WIB (17.00 waktu setempat).

Sementara empat liga lainnya baru tutup pada Jumat (2/9/2022) dini hari waktu Indonesia. Liga Inggris 05.00 WIB, Liga Spanyol 03.59 WIB, Liga Italia 01.00 WIB serta Ligue 1 Prancis pada 04.59 WIB.

Pada deadline day kali ini, banyak klub top Eropa khususnya dari Inggris, yang berhasil mengamankan para pemain incarannya hanya beberapa jam jelang bursa transfer ditutup.

Berikut rekap transfer deadline day pada musim panas 2022 dilansir dari Goal International:

Pierre-Emerick Aubameyang - Barcelona ke Chelsea

Chelsea akhirnya berhasil merampungkan transfer Pierre-Emerick Aubameyang dari Barcelona. Dia didatangkan secara permanen dengan mahar 10 juta pounds dan diikat kontrak berdurasi dua musim.

Antony - Ajax ke Manchester United

Manchester United mendapatkan tambahan pemain di lini serang setelah merampungkan kesepakatan senilai 85 juta pounds untuk mendapatkan bintang Ajax Amsterdam, Antony. Dia diikat kontrak Setan Merah hingga 2027.

Manuel Akanji - Dortmund ke Manchester City

Di akhir bursa transfer musim panas ini, Manchester City kembali memperkuat skuadnya. Mereka resmi merampungkan pembelian bek Manuel Akanji dari Borussia Dortmund dengan mahar sekitar 15 juta pounds. Dia menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Martin Dubravka - Newcastle ke Manchester United

Selain merampungkan transfer Antony, Manchester United juga sukses mendatangkan kiper Martin Dubravka dari Newcastle United pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2022. Dia didatangkan dengan status pinjaman dengan opsi pembelian.

Julian Draxler - PSG ke Benfica

Gelandang Paris Saint-Germain (PSG) Julian Draxler yang sudah lama tersisih dari skuad Les Parisiens akhirnya angkat kaki dan kini resmi bergabung dengan Benfica lewat status pinjaman.

Francesco Acerbi - Lazio ke Inter Milan

Inter Milan mendapatkan amunisi baru untuk lini belakang dengan meminjam Francesco Acerbi dari Lazio. Inter bakal menanggung seluruh gaji sang pemain dan dikabarkan punya opsi untuk membelinya di akhir musim.

Sergino Dest - Barcelona ke AC Milan

Tak hanya Inter, rival sekota mereka, AC Milan juga merampungkan transfer untuk memperkuat lini belakang pada deadline day. Mereka mendatangkan Sergino Dest dari Barcelona dengan status pinjaman dan opsi pembelian di akhir musim.

Arthur Melo - Juventus ke Liverpool

Keinginan Jurgen Klopp menambah kekuatan di lini tengah Liverpool akhirnya terwujud. Pada deadline day, The Reds berhasil mendatangkan Arthur Melo dari Juventus dengan status pinjaman.

Berikut aktivitas transfer lainnya yang terjadi di deadline day:

  • Tahith Chong – Manchester United ke Birmingham City (permanen, kontrak 4 tahun)
  • Carlos Vinicius – Benfica ke Fulham (permanen, kontrak 3 tahun)
  • James Garner – Manchester United ke Everton (permanen, kontrak 4 musim)
  • Ainsley Maitland-Niles – Arsenal ke Southampton (pinjaman)
  • Carlos Soler – Valencia ke PSG (permanen, kontrak 5 tahun)
  • Willian – Tanpa Klub ke Fulham (bebas agen)
  • Idrissa Gueye – PSG ke Everton (permanen, kontrak 2 tahun)
  • Layvin Kurzawa – PSG ke Fulham (pinjaman)
  • Wout Faes – Reims ke Leicester City (permanen, 5 tahun)
  • Andre Gomes – Everton ke Lille (pinjaman)
  • Hector Bellerin – Arsenal ke Barcelona (agen bebas, kontrak 1 tahun)
  • Duje Caleta-Car – Marseille ke Southampton (permanen, 4 tahun)
  • Billy Gilmour - Chelsea ke Brighton (permanen)
  • Dan James - Leeds to Fulham (pinjaman)
  • Wilfried Gnonto - FC Zurich ke Leeds United (permanen, kontrak 5 tahun)
  • Denis Zakaria - Juventus ke Chelsea (pinjaman)
  • Marcos Alonso - Chelsea ke Barcelona (permanen, kontrak 3 tahun)

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More