Husna Rahmayunita
Aksi gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne saat bobol gawang Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris. (OLI SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Deretan klub terkaya di dunia versi Deloitte Football Money League atau berdasarkan pendapatan yang dihasilkan per musim. Manchester City menempati urutan teratas,.Abramovich masih menempati delapan besar klub terkaya musim 2020/2021.

Meski dilanda pandemi Covid-19, sejumlah klub dilaporkan meraup pendapatan besar. Tak cuma Manchester City dan Chelsea, ada klub raksasa lain seperti Real Madrid, Bayern Munchen, Barcelona hingga Manchester United.

Ranking teratas ditempati oleh Man City yang dimiliki Abu Dhabi. The Citizen berpendapatan 644,9 juta euro, naik enam peringkat.

Baca Juga:
Ada di Pot yang Sama, Timnas Indonesia U-23 dan Malaysia Tak Bakal Segrup di SEA Games 2021

Real Madrid (640,7 juta euro) berada pada urutan kedua dan Bayern Muenchen (611,4 juta euro) menempati peringkat ketiga.

Pemimpin daftar ini sebelumnya, Barcelona, turun ke urutan keempat yang merupakan posisi terendah klub Spanyol ini sejak musim 2013-2014.

Manchester United sendiri mendudukli urutan kelima yang merupakan peringkat terendahnya, Paris Saint-Germain (PSG) keenam dan Liverpool ketujuh.

Baca Juga:
5 Pesepak Bola Top Dunia yang Suka Nonton Anime, Ada Aubameyang hingga Hazard

Juara Eropa Chelsea yang pemiliknya miliarder asal Rusia Roman Abramovich dikenai sanksi oleh Inggris setelah invasi Rusia ke Ukraina, menduduki urutan kedelapan.

Adapun sebelas dari 20 klub teratas berasal dari Liga Premier, termasuk Wolverhampton Wanderers yang untuk pertama kalinya masuk daftar ini dengan menempati posisi ke-17.  Sebaliknya klub Serie A Italia AC Milan mendukui peringkat ke-19.

"Dampak COVID-19 sangat mencolok dengan tiadanya penonton di dalam stadion yang menyebabkan pendapatan matchday mencapai terendah dalam 25 tahun.

Baca Juga:
Disorot Media Korea Selatan, Timnas Indonesia U-19 Dihajar Yeungnam University

Laporan itu menyebut klub-klub Money League kehilangan pendapatan lebih dari 2 miliar euro dari pertengahan musim 2019-2020 hingga akhir musim 2020-2021, demikian seperti dikutip dari Reuters via Antara.

Load More