Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Aksi Marselino Ferdinan bersama Timnas Indonesia U-23 saat behadapan dengan Australia di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 dipastikan tidak akan bertemu dengan Malaysia di fase grup SEA Games 2021. Sebab, kedua negara ini berada dalam pot yang sama.

SEA Games 2021 akan berlangsung pada Mei mendatang di Hanoi, Vietnam. Pihak penyelenggara sudah membagi 10 negara dalam lima pot unggalan di cabang olahraga sepak bola putra.

Dinukil dari laporan Thanh Nien pada Selasa (22/3/2022), Vietnam yang notabene tuan rumah merupakan tim unggulan. Tim berjuluk Golden Star Warriors ini berada di pot bareng Thailand.

Baca Juga:
Kisah Taisei Marukawa, Debutan Asing Terbaik yang Sempat Ditolak Sejumlah Klub Liga 1

Pembagian pot ini sendiri berdasarkan performa dalam dua SEA Games terakhir. Vietnam dan Thailand masing-masing berhasil juara dalam dua edisi terakhir.

Kemudian pada pot kedua diisi oleh Timnas Indonesia U-23 dan Malaysia. Lanjut pot ketiga ada Myanmar serta Kamboja.

Filipina dan Singapura berada di pot keempat. Sedangkan pot terakhir diisi oleh Laos dan Timor Leste.

Baca Juga:
Profil Mike Dean, Wasit Ikonik Liga Inggris yang Dikabarkan Bakal Pensiun

Masih dalam laporan yang sama, pengundian untuk menentukan fase grup ini dilakukan pada 6 April mendatang.

Sebelum itu, para peserta harus mendaftarkan 20 pemain yang akan tampil paling lambat pada 30 Maret 2022.

Latihan perdana Timnas Indonesia U-23 jelang Piala AFF U-23 2022. (dok. PSSI)

Terlepas dari itu, Timnas Indonesia akan diperkuat oleh Marc Klok pada SEA Games 2021. PSSI menyebut bahwa pemain 28 tahun itu sudah memenuhi syarat.

Baca Juga:
Bali United Hajar Madura United 2-0, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa Marc Klok akan menjadi salah satu pemain senior dalam Timnas Indonesia U-23 putra yang berlaga di SEA Games 2021.

“Marc Klok sudah dihubungi oleh pelatih Shin Tae-yong. Insyaallah kami mempersiapkannya untuk SEA Games,” ujar Iriawan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu melanjutkan, Shin Tae-yong sebenarnya sudah tertarik sejak lama dengan Marc Klok. Namun pada tahun 2020 dinaturalisasi dari Belanda belum bisa memperkuat skuad Garuda di kompetisi atau pertandingan AFC maupun FIFA.

Baca Juga:
Bali United Bungkam Madura United 2-0, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1

Pesepak bola berusia 28 tahun belum memenuhi syarat kewarganegaraan yang ditetapkan FIFA karena tidak memiliki garis keturunan dari negara barunya, dalam hal ini Indonesia.

Namun, menurut PSSI, Klok memenuhi syarat lima tahun berada di Indonesia pada April 2022 sehingga bisa memperkuat timnas U-23 pada SEA Games 2021 yang berlangsung pada Mei 2022.

Load More