Husna Rahmayunita
Bek Chelsea asal Brasil, Thiago Silva, merayakan gol pertama timnya ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga pekan kelima Liga Inggris 2021/2022 di Stadion Tottenham Hotspur di London, pada 19 September 2021. JUSTIN TALLIS / AFP.

Bolatimes.com - Pemilik Chelsea, Roman Abramovich, resmi mengumumkan akan menjual Chelsea. Keputusan ini berkaitan erat dengan konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Selain menjual, Abramovich juga akan menghapus semua utang Chelsea dan semua keuntungan yang didapatkan dari penjualan The Blues bakal diberikan untuk membantu korban perang Ukraina.

Pada akhir pekan lalu, taipan Rusia itu sempat menyatakan bakal menyerahkan kendali klub ke Yayasan Amal Chelsea untuk menghindari potensi pencekalan dari pemerintah Inggris.

Baca Juga:
Mengenal Cavaliers FC, Klub Terburuk di Inggris yang Tak Pernah Menang

Namun akhirnya taipan berusia 55 tahun itu memilih melepas Chelsea meski diakui olehnya keputusan ini sangat berat dan menyakitkan.

Wajar saja karena sudah sejak 2004 dia menjadi bos dari klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut. Jika akhirnya benar dijual, ada beberapa hal buruk yang kemungkinan terjadi pada Chelsea.

1. Aliran Dana

Baca Juga:
Hasil Pertemuan dengan Agen PSSI, Emil Audero Masih Pertimbangkan Gabung Timnas Indonesia

Sejak diakuisisi oleh Roman Abramovich sejak hampir dua dekade silam, Chelsea menjelma sebagai klub raksasa dengan gelontoran dana melimpah.

Abramovich dikenal royal kepada Chelsea dan tak segan menggelontorkan banyak dana untuk membeli pemain bintang atau pelatih top.

Jika Abramovich tak lagi menjadi pemilik The Blues, besar kemungkinan aliran dana yang berlimpah ini tidak akan dengan mudah dimiliki lagi oleh Chelsea.

Baca Juga:
Profil Takeshi Okada, Eks Pelatih Timnas Jepang Disebut Siap Bantu Sepak Bola Indonesia

2. Potensi Konflik di Dalam Klub

Pergantian kepemilikan bukan hal yang mudah bagi sebuah klub, pasalnya hal ini biasanya bakal mengubah struktur kepengurusan.

Bukan tidak mungkin bakal terjadi konflik internal di antara pengurus atau manajemen jika nantinya Chelsea dilepas oleh Abramovich.

Baca Juga:
Dilirik Klub Turki Antalyaspor, Ronaldo Kwateh Masih Menunggu Kepastian

3. Performa Tim

Kondisi yang terjadi di dalam tubuh Chelsea secara manajemen juga berpotensi membuat performa tim menurun.

Faktor di luar lapangan ini bisa saja memengaruhi mentalitas para pemain dan mengganggu konsentrasi pemain atau pelatih.

Jika kondisi buruk ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin performa Chelsea juga akan ikut menurun.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More