Husna Rahmayunita
Bos Chelsea, Roman Abramovich. [BEN STANSALL / AFP]

Bolatimes.com - Bos Chelsea Roman Abramovich mengambil keputusan besar dengan menjual klub kesayangannya imbas invasi Rusia ke Ukraina

Taipan asal Rusia itu mengaku telah membuat "keputusan yang sangat sulit" dan "sangat menyakitkan" harus melepas Chelsea yang begitu dibanggakan. 

Menurut laporan BBC, Roman Abramovich menjual The Blues dengan nilai 3 miliar poundsterling (sekitar Rp57 triliun). Hal ini diungkapkannya, Kamis (3/3/2022).

Baca Juga:
Usai Hormati Sadio Mane, Takumi Minamino Kini Disanjung Jurgen Klopp

Di sisi lain, meski melepas The Blues, ia memastikan tidak akan menagih utang Chelsea kepada dirinya. Sejak dibeli pada 2003, dikatakan klub masih memiliki utang kepada bosnya,

Abramovich memastikan tidak akan meminta kembali semua uang yang telah ia pinjamkan ke klub selama 19 tahun terakhir.

Menyadur Fordstam Limited, perusahaan induk Chelsea, Abramovich telah memberikan pinjaman senilai 1,5 miliar pounds selama menjadi pemilik Chelsea.

Baca Juga:
Skuat Terbaik, Shin Tae-yong bakal Panggil Semua Pemain Abroad untuk Tampil di SEA Games 2021

Tetapis,  kekinian semua keuntungan yang dihasilkan Chelsea nanti sepenuhnya akan disalurkan sepenuhnya digunakan untuk membantu korban perang di Ukraina.

Roman Abramovich dianggap sebagai salah satu pengusaha yang sangat loyal kepada klub yang dibelinya. Semenjak akusisi Chelsea, pria itu tidak pernah pelit membangun klub London tersebut. Kedekatannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin disebut-sebut sebagai penyebab dirinya harus melepas Chelsea.

Sebelumnya, sempat dikabarkan, ia akan menyerahkan kendali klub ke para wali amanat Yayasan Amal Chelsea demi melindungi klub dari potensi pencekalan oleh Pemerintah Inggris.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Ungkap Alasan Ingin Naturalisasi Kiper Serie A, Emil Audero

Namun hal ini lantas membuat sejumlah kalangan mempertanyakan status Abramovich di Chelsea. Dengan adanya keterangan ini maka dapat dikonfirmasi kepemilikan Chelsea akan segera dilepas.

Di bawah kepemimpinan Abramovich, Chelsea menjadi salah satu klub sepak bola tersukses dengan menjadi lima kali juara Premier League, lima kali Piala FA, dua kali Liga Champions, dua kali Liga Europa, dan Juara dunia antar klub.

(Suara.com/M Nurhadi)

Baca Juga:
Roman Abramovich Resmi Jual Chelsea dengan Harga Rp 57 triliun

Load More