Husna Rahmayunita
Manchester United menang dramatis 2-1 lawan Villarreal di Liga Champions. (ANTHONY DEVLIN / AFP)

Bolatimes.com - Hasil drawing babak 16 besar Liga Champions 2021/2022, mempertemukan Manchester United dengan lawan berat yakni Paris Saint Germain (PSG).

Tak hanya itu, klub top Inggris lain seperti Chelsea juga bakal bersua dengan Lille, salah satu unggulan Prancis.

Pengundian dilakukan oleh mantan penyerang Zenit dan Arsenal, Andrei Arshavin di markas besar UEFA di Nyon, Swiss, Senin (13/12/2021) petang WIB.

Baca Juga:
Pede, Eks The Golden Star Klaim Vietnam Mudah Tumbangkan Timnas Indonesia

Salah satu hasil undian hari ini yang mencolok yakni, akan ada bigmatch Paris Saint-Germain vs Manchester United yang mana sempat bertemu pada babak 16 besar Liga Champions musim 2017/2018 lalu.

Mengutip Suara.com, sebanyak 16 klub akan tampil di fase ini gugur sudah dibagi ke ke dalam dua pot, yakni pot unggulan dan pot non-unggulan.

Pot unggulan berisikan tim-tim juara grup seperti Manchester City, Liverpool, Ajax, Real Madrid, Bayern Munich, Manchester United, Lille dan Juventus.

Baca Juga:
3 Pemain Vietnam yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Kemudian pot non-unggulan merupakan tim-tim yang finis runner-up di fase grup kemarin.

Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Lionel Messi (kiri), Kylian Mbappe (tengah), dan Neymar, bereaksi setelah kekalahan 1-2 dari Manchester City dalam matchday kelima Grup A Liga Champions di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (25/11/2021) dini hari WIB. Paul ELLIS / AFP.

Ada Paris Saint-Germain, Atletico Madrid, Sporting Lisbon, Inter Milan, Benfica, Villarreal, RB Salzburg, hingga Chelsea yang merupakan juara bertahan kompetisi.

Seperti sebelum-sebelumnya, tim dari grup dan liga yang sama dipastikan tidak bertemu di 16 besar Liga Champions.

Baca Juga:
Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Vietnam, Skuad Garuda Menang 9 Kali

Berikut hasil drawing 16 besar Liga Champions 2021/2022:

  • Benfica vs Real Madrid
  • Villarreal vs Manchester City
  • Atletico Madrid vs Bayern Munich
  • FC Salzburg vs Liverpool
  • Inter Milan vs Ajax
  • Sporting CP vs Juventus
  • Chelsea vs Lille
  • Paris Saint-Germain vs Manchester United

Pertandingan fase gugur Liga Champions 2021/2022 akan digelar dalam format dua leg. Pada leg pertama, pertandingan akan dihelat di stadion tim non-unggulan .

Lalu di leg berikutnya, laga akan diselenggarakan di kandang tim unggulan alias juara grup. Jadi, delapan tim juara grup tentu mendapatkan keuntungan tersendiri atas pencapaian mereka.

Baca Juga:
Kemalingan, Anthony Ginting Minta Bantuan Netizen Cari Mobilnya yang Hilang

Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2021/2022 sendiri akan dilangsungkan pada tanggal 15, 16, 22, dan 23 Februari 2022 nanti. Sementara, leg kedua bakal dihelat pada pada 8, 9, 15, dan 16 Maret 2022.

Untuk diketahui, mulai musim ini UEFA menghapuskan peraturan gol tandang. Agregat yang berimbang setelah leg kedua selesai akan membuat kedua tim bermain hingga perpanjangan waktu.

Jika hasil masih tidak berubah, penentuan tim yang lolos ke babak berikutnya akan ditentukan melalui adu penalti.

Adapun partai final Liga Champios musim ini akan dihelat pada 29 Mei 2022 nanti di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia.

(Suara.com/Rully Fauzi)

Load More