Husna Rahmayunita
Lionel Messi mencetak hat-trick saat Barcelona menang 4-0 atas tamunya Celta Vigo, Sabtu (9/11/2019). [JOSEP LAGO / AFP]

Bolatimes.com - Lionel Messi adalah salah satu penyerang terbaik di dunia. Jumlah gol yang sudah disarangkan oleh La Pulga baik di klub dan juga negara sudah tak perlu diragukan lagi.

Namun, pencapaian gol Lionel Messi tak bisa dipisahkan buat si pemberi umpan. Ya, seorang bomber yang banyak mencetak gol tentulah ada peran rekan satu tim yang memberikan assist.

Bolatimes merangkum sejumlah nama-nama yang memberikan assist terbanyak untuk Lionel Messi. Berikut ulasannya.

Baca Juga:
Fajar Alfian Soroti Pebulu Tangkis Thailand yang Joget TikTok di Bali

1. Pedro Rodriguez (25 Assist)

Penyerang Chelsea, Pedro merayakan golnya ke gawang Slavia. Padal laga leg kedua Liga Europa, Jumat (19/4/2019) dini hari tadi, Chelsea menang agregat 5-3 dan berhak lolos ke babak semifinal. [Adrian DENNIS / AFP]

Masih ingat dengan Pedro Rodrigues? Namanya mungkin mulai tenggelam saat dirinya cabut dari Barcelona.

Namun jangan salah, produk asli La Masia ini adalah satu dari lima pemberi assist terbanyak untuk Messi. Tercatat, sudah 25 assist Pedro berujung gol oleh La Pulga.

Baca Juga:
Gemasnya Anak Viktor Axelsen ke Bali untuk Indonesia Badminton Festival

2. Xavi Hernandez (31 Assist)

Xavi Hernandez saat bela Brcelona pada tahun 2009 (Jaime Reina/AFP)

Xavi Hernandez saat memang melatih Barcelona. Tapi, saat masih aktif sebagai pemain Blaugrana, didikan asli Barcelona ini juga adalah satu pemain yang paling banyak memberikan assist kepada Messi.

Tercatat, selama 399 kali bermain bersama Messi, Xavi sudah memberikan 31 umpan berujung gol buat bomber Argentina itu.

Baca Juga:
Jennifer Bachdim TikTokan Berkebaya di Supermarket, Netizen Salfok ke Bayi

3. Andres Iniesta (37 Assist)

Andres Iniesta saat bela Barcelona pada tahun 2009 (Lluis Gene/AFP)

Iniesta dan Messi memang sudah tak lagi bersama. Iniesta melanjutkan karier sepak bolanya ke negeri Jepang sementara Messi ke Prancis.

Namun, bicara soal assist ke Messi, Iniesta yang bermain selama 14 musim bersama Messi sudah memberikan umpan berujung gol sebanyak 37 assist.

Baca Juga:
TC ke Eropa, Media Vietnam Sindir Target Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

4. Dani Alves (42 Assist)

Dani Alves/Instagram

Pemain keempat yang memiliki catatan assist terbanyak buat Messi adalah Dani Alves. Tercatat, pemain Timnas Brasil ini sudah melepaskan umpan berujung gol buat Messi sebanyak 42 kali.

Alves punya kemampuan menyerang dan bertahan yang baik. Untuk urusan kontribusi mendulang peluang gol, bek kanan yang pernah berbaju Sevilla ini mahir dalam melepaskan umpan silang atau umpan terobosan.

5. Luis Suarez (47 Assist)

Penyerang Barcelona, Luis Suarez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Inter pada lanjutan Liga Champions, Kamis (3/10/2019) dini hari. [LLUIS GENE / AFP]

Luis Suarez dan Messi bermain selama 6 musim bersama. Dari sepanjang duet mereka di lini depan, Messi sudah mendapatkan servis nyaris paripurna dari Suarez.

Tercatat, penyerang berjuluk El Pistolero itu sudah mencatatkan 47 assist buat Messi. Perlu dicatat, torehan itu adalah yang tertinggi.

Itulah deretan penyumbang assist terbanyak untuk Lionel Messi.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More