Irwan Febri Rialdi
Penyerang Barcelona Martin Braithwaite melakukan selebrasi usai cetak gol kedua dalam pertandingan Liga Spanyol lawan Real Sociedad di Camp Nou, Barcelona, Spanyol pada 16 Agustus 2021. ANTARA/AFP/JOSEP LAGO

Bolatimes.com - Ronald Koeman resmi dipecat sebagai pelatih Barcelona.Keputusan ini diambil setelah Barcelona kembali menelan kekalahan di Liga Spanyol.

Menghadapi Rayo Vallecano pada Kamis (28/10/2021) dini hari WIB, Blaugrana kalah dengan skor 0-1. Ini memperpanjang rentetan hasil negatif Barcelona.

Pekan lalu mereka baru saja dikalahkan Real Madrid di laga El Clasico. Dengan begini, Barcelona turun ke peringkat sembilan klasemen dengan koleksi 15 poin.

Baca Juga:
Paul Munster Angkat Bicara Soal Kabar Diincar Klub Inggris Cardiff City

Kepergian Koeman dipercaya bakal berpengaruh untuk karier beberapa pemain. Khususnya pemain-pemain yang secara khusus dibawa dan diorbitkan oleh pelatih asal Belanda tersebut.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Luuk de Jong

Baca Juga:
Klasemen Ballon d'Or 2021 Bocor, Robert Lewandoski Diklaim Sebagai Pemenang

Luuk De Jong saat masih berseragam Sevilla. (CRISTINA QUICLER / AFP)

Koeman secara mengejutkan mendatangkan penyerang asal Belanda ini dengan status pinjaman dari Sevilla selama semusim. Luuk de Jong disebut punya kualitas mumpuni sebagai penyerang.

Namun, ekspektasi itu tak terlihat di pertandingan. Pemain 31 tahun ini cuma mencetak 1 gol dari 9 penampilan lintas ajang.

2. Martin Braithwaite

Baca Juga:
Gabung Perusahaan Raffi Ahmad, Ini Sederet Bisnis Bos Persis Solo

Penyerang Barcelona Martin Braithwaite melakukan selebrasi usai cetak gol kedua dalam pertandingan Liga Spanyol lawan Real Sociedad di Camp Nou, Barcelona, Spanyol pada 16 Agustus 2021. ANTARA/AFP/JOSEP LAGO

Martin Braithwaite datang ke Barcelona pada Februari 2020 dengan kontrak 4,5 tahun. Di musim 2020/21, dia cukup sering dimainkan Koeman dengan mencatatkan 29 laga lintas ajang dan mencetak 7 gol.

Namun, dia mulai kehilangan tempat di musim ini. Terlebih Barcelona sudah mendatangkan striker lebih top, Sergio Aguero, yang bisa mengancam posisi Braithwaite.

3. Oscar Mingueza

Baca Juga:
Profil Josh Cavallo, Pesepak Bola Australia yang Terang-terangan Ngaku Gay

Mingueza menjadi salah satu pemain muda Barcelona yang dipromosikan oleh Koeman. Dia menjalani debut di tim utama pada November 2020.

Di sepanjang musim 2020/21, Mingueza bahkan jadi pilihan utama di lini belakang dengan tampil 39 kali di semua ajang. Pun dengan musim ini, dia sudah turun 10 kali.

Namun, besar kemungkinan dia akan terdepak jika pelatih baru penggnati Koeman datang. Pasalnya, masih ada bek-bek lebih berpengalaman di skuat Barcelona saat ini.

4. Samuel Umtiti

Bek Barcelona Samuel Umtiti. GABRIEL BOUYS / AFP

Bek asal Prancis ini sebetulnya sudah tak banyak mendapat tempat di era kepemimpinan Koeman. Namun, manajemen tetap memperpanjang kontraknya.

Setelah cuma tampil 16 kali musim lalu, Umtiti bahkan belum mengecap satupun pertandingan di musim 2021/22.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More