Irwan Febri Rialdi
Gelandang bertahan Barcelona, Sergio Busquets. (JEFF PACHOUD / AFP)

Bolatimes.com - Barcelona boleh jadi tengah dalam kondisi tak stabil di awal musim 2021-2022 ini. Meski demikian, Blaugrana seakan tak lupa dengan tradisi memberi tempat kepada jebolan akademinya, La Masia, di tim utama.

Rentetan hasil buruk di awal musim serta banyaknya isu buruknya finansial Barcelona menjadi sebuah kondisi yang tak pernah dibayangkan para pendukung Blaugrana sebelumnya.

Kepergian Lionel Messi pun seakan menjadi puncak kehancuran Barcelona yang memang timpang sejak era kepemimpinan Josep Maria Bartomeu.

Baca Juga:
Sejarah Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia, Tampil Lagi setelah 32 Tahun

Bagi pendukung Barcelona, akan sulit memiliki seorang pemain seperti Messi yang hadir dari akademinya dan tumbuh menjadi salah satu pemain terbaik di dunia.

Meski sulit untuk melahirkan seorang Messi baru, pendukung Barcelona setidaknya bisa berbesar hati bahwa tim yang dibelanya tetap mempercayakan produk akademi di skuad utama musim ini.

Siapa tahu, para pemain muda jebolan La Masia bisa mengikuti jejak Messi dan menjadi tumpuan Barcelona serta para pendukungnya di kemudian hari.

Baca Juga:
Prediksi Shakhtar Donetsk vs Inter Milan: Misi Nerazzuri Petik Kemenangan

Lantas, siapa saja jebolan La Masia yang kini bermain di tim utama Barcelona untuk musim 2021/2022?

1. Ansu Fati

Wonderkid Barcelona, Ansu Fati. (Lluis Gene/AFP).

Ansu Fati menjadi jebolan La Masia yang benar-benar diharapkan pendukung Barcelona bisa mengikuti jejak Messi.

Baca Juga:
Momen Kocak saat Mattia Destro Cetak Gol Sambil Bawa Botol Air

Pemain berdarah Bissau ini memang telah menjelma menjadi idola seiring kemunculannya pada usia 16 tahun. Gol demi gol pun kerap lahir dari kaki dan kepalanya. Sejauh ini, ia telah memainkan 41 laga bersama Barcelona dengan catatan 13 gol.

Harapan besar bahwa pemain berusia 18 tahun ini bisa menjadi pewaris Messi pun terlihat saat dirinya diberi penghargaan nomor punggung 10 selepas kepergian La Pulga.

2. Sergio Busquets

Baca Juga:
Usai Kena Denda, Dua Pemain Tottenham Dipanggil Timnas Argentina

Gelandang bertahan Barcelona, Sergio Busquets. (JEFF PACHOUD / AFP)

Sergio Busquets menjadi salah satu pilar kesuksesan Barcelona satu dekade silam. Bersama Xavi Hernandez dan Andres Iniesta, ia bahu membahu membawa Blaugrana menuju puncak dunia.

Sebagai bukti, Busquets berhasil membawa Barcelona meraih Sextuple pada tahun 2009. Selain itu, ia telah merengkuh beragam gelar bergengsi dengan status sebagai starter.

Hingga usianya kini menginjak 33 tahun, Busquets masih menjadi andalan di lini tengah Barcelona kendati Josep Maria Bartomeu sempat mendatangkan Frenkie de Jong sebagai penggantinya.

3. Gerard Pique

Pemain Barcelona, Gerard Pique protes ke wasit usai Frankie de Jong diganjar kartu merah saat laga melawan Cadiz, Kami (23/9/2021). (AFP/Cristina Quicler)

Selain Busquets, pemain senior Barcelona yang masih jadi andalan Barcelona adalah Gerard Pique. Ia menjadi tumpuan kesuksesan Blaugrana beberapa tahun ke belakang ini.

Di usianya yang telah menginjak 34 tahun, Pique tetap menjadi andalan di lini belakang Barcelona. Gaya bermain dan kepemimpinannya pun menjadi salah satu faktor penting di lapangan dan kamar ganti Blaugrana.

Sejauh ini, Pique telah memainkan 571 penampilan dengan raihan gelar bergengsi seperti 3 gelar Liga Champions, 8 gelar La Liga Spanyol, dan 7 gelar Copa del Rey.

4. Sergi Roberto

Jika ada pemain paling Underrated di Barcelona saat ini, ia adalah Sergi Roberto. Jebolan La Masia ini merupakan pemain Versatile yang bisa beroperasi di banyak lini.

Bek kanan, gelandang hingga winger pernah ia tempati. Meski begitu, pamor Roberto tak begitu mentereng bila dibandingkan jebolan La Masia lainnya.

Meski tak punya pamor mentereng, nyatanya Roberto tetap bisa bertahan di Barcelona dan terus menjadi andalan setiap pelatih yang menukangi Blaugrana.

 5. Riqui Puig

Pemain Barcelona B, Riqui Puig (AFP)

Pendukung Barcelona nampaknya tak perlu jauh-jauh untuk mencari sosok pewaris Xavi Hernandez atau Andres Iniesta seiring munculnya Riqui Puig di tim utama.

Sejak di akademi, Puig digadang-gadang sebagai prospek cerah Barcelona di masa mendatang. Namun, besarnya ekspektasi ini tak berbanding lurus dengan penampilannya.

Puig lebih sering dicadangkan dan kesulitan menembus Starting Line Up. Apalagi di barisan gelandang, terdapat nama seperti Frenkie de Jong, Pedri dan Busquets yang secara pamor lebih mentereng darinya

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More