Irwan Febri Rialdi
Timnas wanita Indonesia. (PSSI)

Bolatimes.com - Timnas wanita Indonesia berhasil menorehkan tinta emas setelah memastikan diri lolos ke Piala Asia 2022 untuk pertama kalinya sejak 33 tahun lalu.

Kepastian berhasilnya Garuda Pertiwi lolos ke putaran final Piala Asia 2022 didapat setelah mengalahkan Singapura dengan skor tipis 1-0, Senin (27/09/21).

Tampil di Stadion Republican Center, Tajikistan, Zahra Muzdalifah dkk mampu tampil baik sejak babak pertama. Gol pun tiba di menit ke-31 lewat Octavianti Dwi Nurmalita.

Baca Juga:
Prediksi Shakhtar Donetsk vs Inter Milan: Misi Nerazzuri Petik Kemenangan

Octavianti mencetak golnya tersebut memanfaatkan kemelut di muka gawang Singapura. Gol tersebut lantas membuat Timnas wanita Indonesia unggul.

Setelahnya, Singapura dan Indonesia saling berbalas serangan untuk menciptakan gol. Hingga pertandingan berakhir, skor 1-0 tetap bertahan untuk Garuda Pertiwi.

Kemenangan ini membuat Indonesia duduk di puncak klasemen dengan torehan 6 poin dan berhak melaju ke putaran final Piala Asia 2022 di India.

Baca Juga:
Momen Kocak saat Mattia Destro Cetak Gol Sambil Bawa Botol Air

Sebelumnya, di pertemuan pertama Timnas wanita Indonesia juga sempat mencuri kemenangan dari Singapura di laga pertama grup C.

Adapun Singapura menjadi satu-satunya lawan Timnas wanita Indonesia di babak kualifikasi ini seiring mundurnya Korea Utara dan Irak dari kualifikasi.

Piala Asia Wanita ke-5 untuk Indonesia

Baca Juga:
Usai Kena Denda, Dua Pemain Tottenham Dipanggil Timnas Argentina

Kepastian lolos ke putaran final Piala Asia Wanita 2022 di India nyatanya meneruskan kisah sukses Timnas Wanita Indonesia di ajang tersebut

Diketahui, Garuda Pertiwi sebelumnya telah berpartisipasi di 4 edisi Piala Asia Wanita yakni pada tahun 1977, 1981, 1986 dan 1989.

Pada edisi 1977 yang berlangsung di Tiongkok, Timnas wanita Indonesia mampu meraih peringkat ke-4 dengan rekor 1 kemenangan dan 3 kekalahan dari 4 laga.

Baca Juga:
Profil Daniel Maldini, Generasi Ketiga Dinasti Maldini di AC Milan

Di edisi 1981, peringkat Indonesia turun ke posisi ke-8 setelah langkahnya terhenti di babak grup dengan rekor 3 kekalahan dari 3 laga yang dijalani.

Lalu pada edisi 1986, Timnas wanita Indonesia kembali menempati peringkat ke-4 dengan catatan 2 kemenangn dan 3 kekalahan dari 5 laga yang dimainkan.

Hingga partisipasi terakhir di tahun 1989, langkah Garuda Pertiwi terhenti di babak grup dengan hasil 1 menang, 1 imbang dan 1 kekalahan dari 3 laga.

Setelahnya di Piala Asia Wanita edisi 1991 hingga 2003, Timnas wanita Indonesia urung berpartisipasi dalam ajang kualifikasi.

Pada edisi 2006, Garuda Pertiwi harus terhenti di babak kualifikasi. Setelahnya sejak 2008 hingga 2018, Timnas wanita Indonesia kembali absen dari kualifikasi.

Barulah di tahun 2022 mendatang, Timnas wanita Indonesia akan kembali mencoba menorehkan tinta emas  di Piala Asia Wanita yang akan berlangsung di India pada 20 Januari hingga 6 Februari 2022.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More