Irwan Febri Rialdi
Takehiro Tomiyasu resmi bergabung Arsenal. (Instagram/@arsenal)

Bolatimes.com - Arsenal resmi mendatangkan pemain asal Jepang, Takehiro Tomiyasu dari klub Serie A, Bologna. Lewat laman resmi Arsenal, disebutkan bahwa Tomiyasu direkrut secara permanen dengan kontrak jangka panjang.

Meski tak disebutkan secara rinci biaya transfernya, media-media Inggris melaporkan bahwa The Gunners harus merogoh kocek hingga 23 juta euro termasuk bonus untuk mendapatkan Tomiyasu.

Tomiyasu direkrut Arsenal untuk menggantikan peran Hector Bellerin yang juga baru saja resmi dipinjamkan ke Real Betis selama semusim penuh. Di Arsenal, Tomiyasu akan mengenakan jersey bernomor punggung 18.

Baca Juga:
Barcelona Lepas Griezmann ke Atletico Madrid, Warga +62 Komentar Sinis

Siapa, sih, Takehiro Tomiyasu, sampai membuat tim Premier League macam Arsenal mau mengeluarkan duit yang tak sedikit untuk mendapatkan tanda tangannya?

Profil Takehiro Tomiyasu

Lahir di Fukuoka, Jepang, pada 5 November 1998, bakat Tomiyasu ditemukan oleh general manager Mitsuzuki Kicker, Kanji Tsuji, yang terkesan dengan kecepatannya.

Baca Juga:
Persib Bandung Pakai Jersey Baru: Semoga Memberikan Berkah

Tsuji lalu meyakinkan orang tua Tomiyasu untuk mengizinkan anaknya berkarier sebagai pesepak bola dan masuk ke SD Mitsuzuki. Ketika usianya 11 tahun, Tomiyasu mendapat kesempatan trial di kamp latihan yang diadakan oleh Barcelona.

Barcelona terpikat dengan bakat Tomiyasu dan sempat menawarkannya bergabung di akademi La Masia. Namun, karena kendala kepindahan dari Jepang ke Spanyol membuatnya gagal bergabung.

Tak jadi berangkat ke Barcelona, Tomiyasu bergabung dengan akademi Avispa Fukuoka, pada 2009. Di sini posisi Tomiyasu yang biasa bermain sebagai gelandang, digeser menjadi bek tengah.

Baca Juga:
Tiga Medali Diraih, Bonus Atlet Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo Sama

Sekitar lima tahun berada di tim junior, Tomiyasu masuk ke tim utama Avispa Fukuoka pada 2015. Tomiyasu total bermain 56 kali di lintas ajang bersama Avispa Fukukoa.

Performanya yang menonjol di Jepang membuatnya direkrut oleh tim divisi utama Liga Belgia, Sint-Truiden, pada Januari 2018. Dia mendapat kepercayaan untuk tampil reguler di tim utama dengan mencatatkan 41 laga di lintas ajang.

Setelah melewati musim yang baik di Belgia, Tomiyasu diboyong oleh Bologna pada 9 Juli 2019 dengan biaya 9 juta euro. Dia menjadi pemain Jepang kedua yang bergabung dengan Bologna setelah Hidetoshi Nakata.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik FK Senica, Klub Satu Abad yang Belum Pernah Juara Liga

Tomiyasu langsung jadi pilihan utama mengisi lini belakang Bologna. Dia biasanya beroperasi sebagai bek tengah dan bek kanan. Pada musim perdananya di Italia, Takehiro Tomiyasu tampil 29  kali di Serie A dengan mencetak 1 gol dan 3 assist.

Tomiyasu tak tergantikan di musim 2020/21. Dia tampil 31 kali di Serie A yang semuanya dimulai sejak menit pertama. Tomiyasu juga menorehkan 2 gol dan 1 assist.

Di musim 2021/22, Tomiyasu sebetulnya masih jadi andalan Bologna. Namun, mahar mencapai 23 juta euro membuat Bologna rela melepasnya ke Arsenal.

Di level tim nasional, Tomiyasu membawa Timnas U-19 Jepang menjuarai Piala AFC U-19 pada 2016. Dia melakoni debut di timnas senior Jepang pada 2018 dan kini sudah mengemas 23 caps.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More