Galih Priatmojo
Senyum cemerlang Jurgen Klopp. [PAUL ELLIS / AFP]

Bolatimes.com - Pernyataan manajer legenda Manchester United, Sir Alex Ferguson soal sosok Jurgen Klopp terbukti sakti.

Pernyataannya bahwa Klopp mampu mengembalikan kejayaan Liverpool ternyata terbukti benar.

Seperti diketahui, Liverpool merupakan salah satu tim besar di Liga Inggris yang cukup mendominasi di era 80-an. Tetapi, pesonanya sirna sejak kompetisi memasuki era Liga Primer.

Baca Juga:
Istrinya Berseteru dengan Rebekah Vardy, Rooney Malah Santuy di Bar

Redupnya prestasi Liverpool tak lain juga disebabkan performa Manchester United kala itu yang tengah menggelora, terutama sejak diarsiteki oleh Alex Ferguson.

Namun, seiring waktu berjalan, takdir kembali berpihak pada Liverpool. Semenjak dibesut pelatih asal Jerman, Jurgen Klopp, The Reds menjelma jadi klub nan buas.

Para pemain Liverpool merayakan gol pertama mereka selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Chelsea melawan Liverpool di Stamford Bridge, London, Inggris, Minggu (22/9).[OLLY GREENWOOD / AFP]

Jadi runner up Liga Primer Inggris musim lalu serta dua kali masuk final Liga Champions dan ditutup menjadi juara di ajang tersebut musim kemarin jadi buktinya.

Baca Juga:
Pembelaan Tite soal Neymar yang Lagi-lagi Cedera

Siapa sangka kembalinya kejayaan Liverpool bersama Jurgen Klopp ternyata sudah diprediksi oleh Sir Alex Ferguson sejak lama.

Dilansir dari Liverpool Echo, Ferguson pernah mengungkapkan bahwa kehadiran Klopp membuatnya khawatir. Alasannya jelas, eks juru taktik Borrusia Dortmund itu akan kembali membangkitkan raksasa di dalam The Reds yang sudah tertidur lama.

Hasilnya, benar saja. tiga tahun menukangi Liverpool, Klopp mampu mempersembahkan trofi Liga Champions yang sudah dinanti sejak 14 tahun lamanya.

Baca Juga:
Indra Sjafri Tetap Rotasi Pemain di Laga Timnas U-23 Vs Arab Saudi

"Klopp melakukan hal yang bagus dan mengembalikan antusiasme pada Liverpool. Dia berbeda dengan pelatih sebelum-sebelumnya yang gagal membangun indentitas di dalam Liverpool," ungkap Ferguson pada 2016 lalu.

Mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson (AFP/Ben STANSALL)

"Kini bisa dilihat dan dirasakan bahwa Liverpool merupakan salah satu tim yang patut diperhitungkan sejak tahun ini. Kalian bisa lihat dedikasi Klopp di pinggir lapangan. Saya yakin hal yang sama terjadi ketika ia memimpin latihan," lanjutnya.

"Klopp punya karakter yang kuat. Saya khawatir terhadap kehadirannya karena satu hal pasti yang tak diinginkan Manchester United adalah Liverpool di atas kami," tambahnya.

Baca Juga:
Manchester United Makin Terpuruk, Ole Ingin Contek Liverpool Soal Ini

Terlepas dari fakta tersebut, Manchester United bersiap merasakan kekuatan Liverpool bersama Jurgen Klopp akhir pekan mendatang.

Laga sarat gengsi ini bakal jadi pertaruhan terutama bagi Ole Gunnar Solskjaer yang di tiga laga terakhir gagal memberi kemenangan untuk Manchester United.

Load More