Rauhanda Riyantama
Aksi Rodrigo Moreno saat mencetak gol ke gawang Real Betis pada laga leg kedua semifinal Copa del Rey di Mestalla, Jumat (1/3/2019) dinihari WIB. (JOSE JORDAN / AFP)

Bolatimes.com - Gol tunggal Rodrigo Moreno ke jala Real Betis memastikan Valencia lolos ke partai final Copa del ReyLos Ches melaju ke final dengan keunggulan agregat 3-2 atas Betis pada laga leg kedua semifinal Copa del Rey di Mestalla, Jumat (1/3/2019) dinihari WIB.

Pada partai puncak Copa del Rey, 25 Mei nanti, Valencia telah ditunggu juara bertahan Barcelona. Blaugrana melangkah ke final setelah unggul agregat 4-1 atas seteru abadi mereka, Real Madrid.

Pada laga melawan Real Betis, status tuan rumah tidak serta-merta membuat Valencia dengan mudah menekuk tim tamu. Sebaliknya kiper Valencia, Jaume Domenech, harus berjibaku menahan gempuran tim lawan.

Baca Juga:
Terciduk Sengaja Ingin Dikartu Kuning, Sergio Ramos Dihukum UEFA

Di antaranya menyelamatkan gawang dari hasil usaha tendangan bebas Sergio Canales. Begitu juga dengan peluang yang dimiliki Jese dan Alissa Mandi dalam laga yang digelar di Stadion Mestalla tersebut.

Klub asuhan Marcelino Garcia Toral itu akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-56 lewat sepakan kaki kiri Rodrigo Moreno. Gol berawal dari usaha Kevin Gameiro yang menerima umpan dari Piccini.

Kemudian dia melakukan chip pass, mencungkil bola untuk mengecoh kiper Joel Robles, yang lantas disambut sontekan Moreno dari jarak dekat. Wasit memutuskan gol itu sah setelah melihat VAR (video assistant referee) karena sempat dikira offside.

Baca Juga:
Jelang Liga 1 2019 Bergulir, PSSI Cabut Sanksi Bobotoh dan Dirigen Aremania

Canales hampir menyamakan kedudukan di menit ke-86 lewat tendangan keras kaki kirinya. Namun lagi-lagi Domenech mampu menepis bola yang mengarah ke pojok kanan gawang.

Betis mengerahkan semua kemampuannya untuk menyerang di menit-menit akhir. Namun, hingga akhir pertandingan skor 1-0 untuk kemenangan Valencia vs Real Betis tetap tak berubah.

Valencia tercatat tujuh kali meraih trofi Piala Raja Spanyol, terakhir kali melaju ke final Copa del Rey pada tahun 2008. Saat itu mereka menghadapi Getafe di laga puncak dan menang dengan skor 3-1.

Baca Juga:
Ditunjuk Jadi Direksi PT LIB, Gusti dan Dirk Janji Lunasi Utang pada Klub

Sementara Barcelona telah mencicipi partai final Copa del Rey sebanyak 40 kali, 30 di antaranya sebagai juara. Sementara sisanya runner-up.

Load More