Dany Garjito | Irwan Febri Rialdi
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde memberikan instruksi kepada para pemainnya saat melawan Inter Milan pada 24 Oktober 2018 (Lluis Gene/AFP)

Bolatimes.com - Barcelona telah resmi mengumumkan Jeison Murillo sebagai pemain baru pada Kamis (20/12/2018) malam waktu setempat. Bek asal Kolombia itu dipinjam dari klub sesama kontestan La Liga, Valencia.

Murillo akan memperkuat Barcelona mulai Januari 2019 hingga akhir musim ini. Dalam kesepakatan itu, raksasa Catalan juga memiliki opsi pembelian permanen senilai 25 juta euro (Rp 415 miliar).

Keputusan ini pun terbilang mengejutkan karena Murillo terbilang bukan pemain bertahan yang jempolan. Pada musim ini saja, ia baru sekali tampil di La Liga dan satu kali diturunkan di Liga Champions.

Baca Juga:
Doa 'Unik' Maurizio Sarri untuk Jose Mourinho yang Nganggur

Namun, Ernesto Valverde selaku nakhoda Barcelona memiliki pertimbangan tersendiri untuk memboyong Murillo. Ia melihat pemain 26 tahun itu memenuhi kriteria yang dibutuhkan El Barca untuk mengatasi krisis bek.

''Kami berada dalam momen yang rumit dengan bek tengah dan sejauh ini kami telah berhasil dengan baik, tetapi kami tidak tahu bagaimana ke depannya,'' kata Valverde seperti dikutip dari Marca.

''Kami memperhitungkan situasi klub dan kami ingin meminjam seseorang yang dapat segera bermain dan tahu liga ini dengan baik,'' imbuhnya.

Baca Juga:
Hendro Pandowo dan Khrisna Murti Pimpin Satgas Anti Mafia Bola

''Murillo memenuhi kriteria tersebut dan dia dapat membantu kami dalam jangka pendek, sehingga klub bisa melakukan pekerjaan sebaik mungkin kedatangannya. Murillo adalah pemain bagus yang bisa membantu kami dan menjadi bagian penting. Kami akan mendorong dan berharap untuk yang terbaik,'' tuturnya menutup.

Barcelona memang tengah diterpa badai cedera untuk lini pertahanan. Dua bek tengah, Samuel Umtiti dan Thomas Vermaelen, sering mengalami cedera. Praktis pilihan bek tengah Los Cules terbatas, hanya menyisakan Gerard Pique dan Clement Lenglet.

Kehadiran Jeison Murillo akan memberikan opsi lebih bagi Ernesto Valverde untuk meramu tim demi mendapatkan hasil terbaik di La Liga dan juga Liga Champions.

Baca Juga:
Debut Bersama Manchester United, Ole Wajib Waspadai Kebangkitan Cardiff

Load More