Sabtu, 04 Februari 2023
Stephanus Aranditio : Senin, 10 September 2018 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Carles Puyol, Xavi Hernandes, Andres Iniesta hingga Lionel Messi adalah produk bintang yang lahir dari akademi Barcelona bernama La Masia. Akademi ini seakan tak pernah berhenti menciptakan pemain bintang masa depan.

Sistem promosi ke tim senior menjadi cikal bakal seorang pemain muda menjadi mengejutkan di kelas profesional. Namun belakangan banyak tim yang lebih memilih membeli pemain bintang dari luar klub ketimbang mempromosikan pemain muda.

Di kubu Barcelona sendiri belum ada lagi pemain muda lulusan La Masia yang tampil impresif sejak era Lionel Messi, namun lima pemain muda ini diprediksi akan menjadi bintang masa depan Barcelona:

1. Carles Alena

Gelandang Barcelona, Carles Alena memperebutkan bola dengan penyerang Espanyol, Oscar Melendo (AFP)

Pemain kelahiran Spanyol, 5 Januari 1998 ini berposisi sebagai gelandang dan pernah bermain di Barcelona B. Keunggulannya di lapangan antara lain kreatif, memiliki visi yang hebat, dribel bola yang baik dan, yang paling penting Alena adalah pencetak gol bagi Barcelona B.

Musim lalu ia mencetak 11 gol di LaLiga2, ia juga pernah tiga kali dipanggil skuat utama Barcelona di ajang Copa Del Rey. Meski sedang cedera ia tetap dipromosikan ke skuat utama pada Julu 2018 dan kini ia siap kembali merumput absen lama sejak Januari 2018.

2. Riqui Puig

Pemain Barcelona, Riqui Puig (AFP)

Riqui Puig adalah pemain kelahiran 13 Agustus 1999 yang baru promosi ke Barcelona B pada Juli 2018 lalu. Permainan Riqui disebut-sebut mirip dengan gaya Xavi Hernandes dan Andres Iniesta.

Pemain asal Spanyol ini musim lalu bermain untuk Barcelona U-19 dan berhasil menjadi juara UEFA youth League 2017/18. Namun, Riqui Puig justru mengidolakan legenda Real Madrid, Guti Hernandez yang menjadi inspirasinya di lapangan. 

3. Sergi Palencia

Pemain Tottenham Hotspur Kevin N'Koudou dikawal oleh pemain Barcelona Sergi Palencia pada ajang International Champions Cup 2018 (AFP)

Sergi Palencia adalah pemain Barcelona B yang saat ini sedang dipinjamkan ke klub Liga Prancis, FC Girondins Bordeaux selama satu musim sejak Agustus 2018.

Palencia adalah pemain yang memiliki penampilan paling banyak di Barcelona B sejak 2015. Pemain kelahiran 23 Maret 1996 itu diprediksi akan menjadi bek kanan yang tangguh melapisi Sergi Roberto di skuat utama Barcelona.

Ketenangan dan jiwa kepemimpinannya di lapangan menjadikannya terpilih menjadi kapten Barcelona B pada saat itu. Barcelona harus menjaga Palencia agar tak pergi ke klub lain seperti Hector Bellerin yang kini bersinar di Arsenal.

4. Marc Cucurella

Pemain AS Roma, Justin Kluvert dikawal pemain Barcelona, Marc Cucurella pada ajang International Champions Cup 2018 (AFP)

Marc Cucurella adalah bek kiri Barcelona B, keunggulannya dalam menusuk dari sisi kiri pertahanan lawan bisa menjadi andalan Barcelona suatu saat nanti.

Sama seperti Palencia, Cucurella juga sedang dipinjamkan ke klub La Liga, SD Eibar selama satu musim sejak Agustus 2018. Pemain berusia 19 tahun itu adalah penerus yang sempurna bagi Jordi Alba di tim utama.

5. Oriol Busquets

Pemain Barcelona, Oriol Busquest (Dok. Barcelona)

Oriol Busquets disebut-sebut sebagai kloningan Sergio Busquest di masa depan Barcelona. Posisi dan gaya bermain dalam menjaga kedalaman menjadi modal Oriol untuk menggeser posisi Sergio.

Namun, Oriol masih harus bersaing dengan Arturo Vidal yang baru didatangkan Barcelona beberapa waktu lalu. Saat ini pemain kelahiran 20 Januari 1999 itu masih bermain di Barcelona B.

BACA SELANJUTNYA

Agen Sebut Erling Haaland Bisa Saja Pindah ke Barcelona, Blaugrana Sanggup Bayar Rp3 Triliun?