Agung Pratnyawan | Andiarsa Nata
Ekspresi Cristiano Ronaldo saat tendangannya meleset ke gawang Parma (Andreas Solaro/AFP)

Bolatimes.com - Beberapa waktu lalu pelatih Manchester United, Jose Mourinho tersandung masalah penggelapan pajak. Namun sebelum Mourinho, terdapat 4 pesepak bola terkenal dunia yang juga diketahui pernah tersandung masalah serupa.

Pemerintah Spanyol telah mengetok palu dan menjatuhi hukuman penjara dan denda kepada Jose Mourinho karena terbukti telah mengemplang pajak. Pelatih berkebangsaan Portugal itu dihukum penjara selama satu tahun dan dijatuhi denda sekitar 2 juta euro atau sekitar Rp 34 miliar.

Sebetulnya, kasus yang menimpa Mourinho ini telah bermula pada periode 2011/2012, ketika ia masih menjadi pelatih Real Madrid. Saat itu The Special One disebut telah menyembunyikan pendapatannya sebesar 3,3 juta euro.

Baca Juga:
Petinju Profesional Ini Mengamuk di Sosial Media Karena Pogba

Namun berdasarkan hukum di Spanyol mengatakan Mourinho tidak harus dipenjara. Jika seseorang didakwa masuk penjara di bawah dua tahun untuk pelanggaran pertama, hukumannya bisa dijalani dengan masa percobaan. Mourinho hanya harus membayar denda yang telah ditetapkan.

Nah selain Jose Mourinho, ternyata ada 4 pesepak bola terkenal di dunia juga pernah tersandung masalah penggelapan pajak lho.

Siapa mereka? berikut ulasannya

Baca Juga:
Hadapi Inggris di Wembley, Ramos Tidak Khawatir Dihujat

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo saat jalani debutnya bersama Juventus (@IndyFootball/Twitter)

Pemain yang baru saja menjadi bintang baru Juventus ini juga pernah terjerat kasus pajak. Cristiano Ronaldo disebut melakukan penggelapan pajak pada tahun 2011 hingga 2014 sebesar 14,7 juta euro. Pada pertengahan Juni kemarin, Ronaldo dijatuhi hukuman 21 bulan penjara dan denda sebesar 19 juta euro.

Namun pemain berusia 33 tahun itu dipastikan tidak akan masuk penjara. Sama seperti kasus Mourinho, aturan Spanyol menyatakan jika seseorang yang untuk pertama kali didakwa hukuman kurang dari dua tahun penjara bisa menjalaninya dengan status hukuman masa percobaan.

Baca Juga:
Hasil UEFA Nations League: Italia Imbang, Rusia Raih Poin

2. Lionel Messi

Kapten Barcelona, Lionel Messi (Lluis Gene/AFP)

Kapten Barcelona, Lionel Messi pernah terjerat kasus penggelapan pajak dan dinyatakan bersalah pada Juli 2016. Messi menggelapkan pajak sebesar 4,1 juta euro bersama ayahnya. Pemain berusia 31 tahun ini pun dijatuhi hukuman 21 bulan penjara.

Messi lolos dari jeratan pajak tersebut setelah lebih memilih membayar denda sebesar 2 juta euro dan 1,5 juta euro untuk ayahnya.

Baca Juga:
Injak Leher Benjamin Pavard, Antonio Rudiger Minta Maaf

3. Luka Modric

Pemain Real Madrid, Luka Modric (AFP)

Luka Modric pun pernah tersandung penggelapan pajak pada periode 2013/2014. Pemain yang berhasil membawa Timnas Kroasia ke final Piala Dunia 2018 dan menyabet gelar pemain terbaik Eropa ini melakukan penggelapan pajak sebesar 870.728 euro.

Gelandang Real Madrid ini akhirnya membayar denda sebesar 880 ribu poundsterling untuk lolos dari bui.

4. Alexis Sanchez

Reaksi Alexis Sanchez setelah MU disingkirkan Sevilla di babak 16 besar Liga Champions [AFP]

Penyerang Manchester United ini didakwa telah melakukan penggelapan pajak sebesar 1 juta euro pada tahun 2012 hingga 2013. Alexis Sachez pun divonis hukuman 16 bulan penjara.

Kendati aturan tidak mengharuskannya dipenjara karena hukumannya tak mencapai 24 bulan. Pemain Timnas Chili ini tetap harus membayar denda sebesar 1 juta euro beserta bunga pajaknya.

Load More