Dany Garjito | Andiarsa Nata
Pemain Barcelona Lionel Messi (AFP)

Bolatimes.com - Nama Lionel Messi secara mengejutkan tidak masuk dalam tiga nominasi Pemain Terbaik FIFA 2018. Hal ini pun menjadi pertama kalinya dalam 11 tahun bagi Lionel Messi dirinya tidak masuk dalam nominasi penghargaan bergengsi tersebut.

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) baru saja mengeluarkan tiga nama pemain calon peraih gelar pemain terbaik dunia 2018. Tiga nama pemain yang dirilis FIFA adalah Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah, dan Luka Modric.

Tiga pemain di atas adalah tiga nama yang sudah dikerucutkan oleh FIFA dari 10 nominasi yang dikeluarkan oleh FIFA sebelumnya.

Baca Juga:
Ernesto Valverde Tak Senang Meski Barcelona Menang Besar

Tiga nama itu juga yang belum lama ini masuk dalam nominasi pemain terbaik UEFA yang mana berhasil diraih oleh Luka Modric. Pemain Timnas Kroasia ini berhasil mengalahkan Ronaldo dan Salah.

Hal yang mungkin dirasa mengejutkan oleh para pecinta sepakbola saat ini adalah nama Lionel Messi yang tidak muncul dalam tiga nominasi Pemain Terbaik FIFA 2018.

Ini menjadi hal yang tidak biasa dilihat oleh pecinta sepakbola dunia, karena untuk pertama kalinya dalam 11 tahun Lionel Messi tidak masuk dalam nominasi penghargaan pemain terbaik sejak 2007.

Baca Juga:
Resmi, Ronaldo Jadi Presiden Real Valladolid

Pada tahun 2007, Messi masuk dalam nominasi ketika Ricardo Kaka meraih gelar bergengsi tersebut. Kapten Barcelona itu masuk dalam peringkat ketiga, sementara Ronaldo berada di peringkat kedua.

Sejak saat itu, Messi dan Ronaldo mendominasi sebakbola dunia dan bersaing untuk meraih penghargaan tersebut. La Pulga pun selalu masuk nominasi dan berhasil memenangkannya pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015.

Sementara sisanya, Messi masuk nominasi atau sebagai runner up pada tahun 2007, 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017.

Baca Juga:
5 Alasan Real Madrid Tak Perlu Rindu Cristiano Ronaldo

Tidak masuknya Lionel Messi dalam nominasi Pemain Terbaik Dunia FIFA 2018 ini mungkin disebabkan oleh minimnya prestasi Barcelona dan negaranya di musim 2017/18. Pada musim lalu, Messi hanya bisa meraih gelar domestik bersama Blaugrana. Sementara di level Internasional, Pemain berusia 31 tahun ini juga gagal membawa Argentina berbicara banyak di Piala Dunia 2018.

Jika dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah, dan Luka Modric. Ketiga pemain ini sangat menonjol baik di level klub dan International. Ronaldo dan Modric sukses membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions tiga kali secara beruntun.

Bahkan Modric mampu membawa Kroasia lolos ke final Piala DUnia 2018. Sedangkan Salah berhasil membawa Liverpool lolos ke final Liga Champions dan membuat torehan yang mengagumkan bersama The Reds dengan mencetak 44 gol dan 16 assist dalam 52 penampilan. Selain itu, ia menyabet banyak penghargaan di Liga Primer.

Baca Juga:
4 Aksi Kocak Bader, Atlet Irak yang Jago Nyanyi Indonesia Raya

Load More