Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Ilustrasi wasit. (Dok. independent.co.uk)

Bolatimes.com - Federasi sepak bola Inggris (FA) telah mengumumkan sebuah aturan baru yanki adanya kartu kuning dan kartu merah untuk pelatih tim. Peraturan ini akan di uji coba pada turnamen domestik musim 2018/2019.

Seperti diketahui, selama ini tak ada kartu untuk pelatih ketika pertandingan. Walaupun wasit berhak mengusir pelatih dari bangku cadangan dengan ucapan verbal san simbol pengusiran jika ada perilaku yang tidak pantas.

Namun, hal itu dinilai FA tidak begitu jelas dibanding simbol-simbol yang diterima pemain di lapangan.

Baca Juga:
Manchester City Resmi Datangkan Pemain Muda Asal Belanda

Arsene Wenger saat diusir wasit. (Dok. Football.London).

Oleh karena itu, FA akan mencoba menerapkan aturan baru tersebut pada turnamen-turnamen domestik terlebih dahulu, seperti Piala FA, Piala Liga Inggris, dan turnamen-turnamen lainnya.

"Yang bisa anda lihat di laga-laga EFL musim ini adalah ketimbang terjadi adu pendapat dan wasit beralih ke urusan yang terjadi di lapangan, kalau dia percaya perilaku di bangku cadangan yang biasanya dipimpin manajer layak dihukum, maka dia akan menunjukkan kartu kuning ke manajer tersebut," ungkap Chief Executive EFL, Shaun Harvey, dikutip dari Sky Sports.

"Pada akhirnya jika para manajer dan perilaku di bangku cadangan tak berubah, maka bisa muncul kartu kuning kedua dan manajer akan diusir ke tribun. Tentu saja, seperti yang Anda lihat dari waktu ke waktu, manajer sudah bisa diusir ke tribun. Tapi kali ini akan lebih jelas karena ada kartu merah yang ditunjukkan," tuturnya menambahkan.

Baca Juga:
Pelatih Indonesia U-16 Heran dengan Hadiah Penalti untuk Myanmar

Tak hanya itu, selain menjaga prilaku pribadi, manajer di Inggris juga bertugas untuk menjaga perilaku para pemain cadangan di bench. Jika pemain cadangan berulah, manajer juga akan dihukum.

"Satu kartu kuning untuk tiap bench, satu kartu merah untuk tiap bench, lalu manajernya pergi. Jadi pada akhirnya manajer bertanggung jawab atas anggota skuat yang tak bermain, yang duduk di bangku cadangan," imbuhnya menutup.

Dengan diberlakukan aturan ini, artinya kini wasit kini juga bisa menghadiahi kartu ke para manajer.

Baca Juga:
Update Top Skor Piala AFF U-16, Pemain Vietnam Tempel Bagus Kahfi

Sama seperti pemain, kartu kuning diberikan untuk peringatan, lalu kartu merah ditujukan ke manajer sebagai bentuk pengusiran.

Load More