Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Barcelona musim 2017/2018. (sumber: twitter/@fcbarcelola).

Bolatimes.com - Pertandingan antara Barcelona kontra Celta Vigo dalam lanjutan Liga Spanyol pada Rabu (18/4/2018) dini hari WIB terbilang tak lazim.

Ketidaklaziman tersebut bukan dari hasil pertandingan, melainkan susunan starting line up Barcelona pada laga tersebut.

Ya, untuk pertama kalinya sejak 16 tahun, tak ada satu pun pemain lulusan akademi La Masia dalam starting XI Barca. Selama ini, La Masia memang dikenal menjadi gudang yang kerap menyuplai pemain ke tim utama Barcelona.

Pemain seperti Lionel Messi dan Sergi Roberto hanya diturunkan di babak kedua.

Kondisi seperti ini terjadi pada 2002, ketika Barcelona melawan Athletic Bilbao di mana pemain non-La Masia seperti Rivaldo, Luis Enrique, Marc Overmars, Javier Saviola menghuni starting XI.

Laga kontra Celta Vigo itu sendiri berakhir imbang 2-2. Meski hanya bermain seri, hasil ini terbilang lumayan. Pasalnya, Barcelona mengakhiri catatan tiga kali kekalahan beruntun di Balaidos, serta mempertahankan status tak terkalahkan di La Liga musim ini.

Namun yang menjadi pertanyaan, ada apa dengan La Masia?

Seperti yang diketahui, Barcelona kini tak lagi dikenal dengan La Masia-nya. Saat ini, total hanya tersisa ada enam, mereka adalah Andres Iniesta, Lionel Messi, Gerard Pique, Sergi Roberto, Sergio Busquets, dan Jordi Alba.

Belum lagi, Iniesta yang dikabarkan bakal hengkang pada akhir musim 2017/2018. Otomatis, hanya tertinggal lima lulusan La Masia. Fakta ini bisa jadi pertanda macetnya generasi La Masia untuk melanjutkan tonggak estasfet.

Sebagai contoh, Gerard Deulefu yang sebelumnya sempat mendapat sematan sebagai pewaris kerajaan Messi akhirnya tertendang ke Everton. Ia sempat kembali ke Barcelona pada awal musim ini, akan tetapi nyatanya kini ia kembali terbuang di Watford.

Selain itu ada Bojan Krkic yang memecahkan debut termuda yang semula dipegang Messi tak bisa apa-apa di Katalonia. Pria yang kini berusia 24 tahun itu pun berpetualang bersama AS Roma, AC Milan, Ajax amsterdam, Stoke City, dan kini akhirnya membela Deportivo Alaves.

 

Load More