Rauhanda Riyantama
Momen Cristiano Ronaldo cetak gol saat Manchester United tahan imbang Atalanta 2-2 di Liga Champions. (MARCO BERTORELLO / AFP)

Bolatimes.com - Terdapat dua pemain yang disebut paling berpengaruh di Piala Dunia 2022 Qatar, menurut studi yang dilakukan Nielsen kedua sosok itu Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Proses pengukuran yang dilakukan Nielsen berdasarkan evaluasi total pengikut, pertumbuhan pengikut, keterlibatan dan rata-rata nilai postingan di Instagram.

Cristiano Ronaldo menjadi yang paling berpengaruh, sebanyak 48 persen pertumbuhan pengikutnya terjadi dalam kurun waktu satu tahun.

Baca Juga:
Ousmane Dembele Bertahan di Barcelona karena Xavi Hernandez

Pria Portugal memiliki jumlah pengikut sebanyak 480 juta, sementara nilai per postingan sang pemain dapat mencapai 3,6 juta dolar AS.

Sementara itu peringkat kedua ditempati Lionel Messi, sebanyak 38 persen pertumbuhan terjadi dalam kurun satu tahun dengan per unggahan sebesar 2,7 juta dolar AS.

Hal ini tentu memberi pengaruh tersendiri di ajang Piala Dunia 2022 Qatar, meskipun tak hanya kedua pemain itu saja yang bisa melakukan demikian.

Baca Juga:
Blak-blakan, Elkan Baggott Ungkap Hal yang Perlu Dilakukan Demi Perkembangan Timnas Indonesia

Sejumlah pemain dengan jumlah pengikut terbanyak lainnya juga mampu memberi dampak tersendiri, lantas siapa saja mereka? berikut di antaranya.

6. Vinicius Jr (23 juta pengikut)

Selebrasi Vinicius Junior usai mencetak gol untuk Real Madrid dalam pertandingan Liga Spanyol lawan RCD Mallorca pada 11 September 2022. ANTARA/AFP/THOMAS COEX

Brasil tak perlu khawatir dengan persediaan lini serang mereka, Vinicius Jr akan menggila di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga:
Tolak Mentah-mentah, Bos JDT: Mesut Ozil Tdak Pernah Ada Dalam Rencana Saya

Berbekal sokongan para pengikut di media sosial sebanyak 23 juta pengikut, Vinicius Jr mengalami peningkatan jumlah pengikut di Instagram hingga mencapai 90 persen.

Sementara itu sekali posting yang dilakukan Vinicius Jr pada akun Instagram pribadi mampu menghasilkan keuntungan sebanyak 685.120 dolar AS.

5. Karim Benzema (58 juta pengikut)

Baca Juga:
Carlos Fortes Sempat Bikin Bimbang PSIS Semarang, Dilepas atau Dipertahankan

Selebrasi Karim Benzema usai Real Madrid dipastikan meraih kemenangan atas Liverpool di final Liga Champions 2021/2022. (Anne-Christine P/AFP)

Striker Real Madrid tentu akan menjadi andalan timnas Prancis di Piala Dunia 2022, terlepas dari itu jumlah dukungan untuk Benzema tentu patut diperhatikan.

Di akun Instagram pribadi, Benzema memiliki sebanyak 58 juta pengikut dan satu kali unggahan yang ia lakukan setara dengan 489.238 dolar AS atau sekitar Rp7,3 miliar.

4. Kylian Mbappe (72,5 Juta Pengikut)

Kylian Mbappe dan Nasser Al-Khelaifi, Presiden Paris Saint Germain). (en.psg.fr)

Kylian Mbappe bisa dibilang bintang dunia paling terang dalam sepak bola saat ini, kariernya di level klub dan tim nasional membuatnya naik daun.

Total 72,5 juta pengikut yang dimiliki Mbappe, sekali postingannya bisa menghasilkan 1,2 juta dolar AS atau sekitar Rp18 miliar.

3. Neymar (178 juta pengikut)

Selebrasi Neymar usai cetak gol saat PSG lumat Montpellier 5-2 di pekan kedua Liga Prancis 2022/2023. (AFP)

Neymar melengkapi tiga besar pesepak bola dengan jumlah pengikut terbanyak di Instagram, yakni total 178 juta pengikut.

Sekali postingannya di Instagram bisa menghasilkan keuntungan sekitar 1,2 juta dolar AS atau sekitar Rp18 miliar.

2. Lionel Messi (360 juta pengikut)

Momen Chanatip Songkrasin duel dengan Lionel Messi. (AFP)

Sebanyak 360 juta pengikut Lionel Messi menjadi penanti setia unggahan pribadi sang pemain, pesonannya tak berkurang meski kehidupan lapangan Messi diwarnai banyak drama.

Peningkatan jumlah pengikut Messi dalam setahun mencapai 38 persen, dan sekali unggahannya bisa menghasilkan 2,6 juta dolar AS atau sekitar Rp38 miliar.

1. Cristiano Ronaldo (480 juta pengikut)

Striker Manchester United asal Portugal Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua timnya lewat titik penalti selama matchday kedua Grup E Liga Europa 2022-2023 antara Sheriff vs Manchester United di stadion Zimbru di Chisinau pada 15 September 2022 waktu setempat. Daniel MIHAILESCU / AFP

Ronaldo menjadi pesepak bola dengan jumlah pengikut di Instagram terbanyak, yakni mencapai 480 juta pengikut dan mengalami peningkatan sebanyak 48 persen dalam setahun.

Sekali postingan yang dilakukan Ronaldo, bisa menghasilkan dana sebanyak 3,6 juta dolar AS atau sekitar Rp54 miliar.

Kontributor: Eko
Load More