Galih Priatmojo
Pemain PSIS Semarang Fredyan Wahyu Sugiyantoro (kiri) berusaha membayangi pemain Persija Jakarta Riko Simanjuntak (kanan) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/9/2019). Persija Jakarta berhasil mengalahkan PSIS Semarang dengan skor akhir 2-1 .ANTARA FOTO/Risky Andrianto/aww.

Bolatimes.com - Spanduk atau banner kerap jadi sarana bagi suporter Indonesia untuk memberikan semangat dan dukungan pada tim favoritnya selain melalui nyanyian chant. Tapi bagaimana jika spanduk-spanduk yang digelar dari pinggir tribun itu justru bernada nyeleneh?

Pemandangan ini setidaknya seperti yang terlihat di laga Persija Jakarta vs PSIS Semarang beberapa waktu lalu.

Diketahui bahwa Jakmania yang merupakan pendukung setia Persija Jakarta menggunakan berbagai macam spanduk yang sama sekali tidak berhubungan dengan petandingan. Spanduk-spanduk yang digunakan mencakup spanduk pecel lele, iklan rumah dijual, hingga obat kuat.

Baca Juga:
Berikut Jadwal Pertandingan Liga Champions Malam Ini Hingga Dini Hari Nanti

Aksi unik yang dilakukan oleh Jakmania tersebut pun tertangkap kamera dan foto-foto dari penampakan spanduk nyeleneh itu kembali diunggah oleh akun Twitter @ilhamdysis pada 15 September dalam bentuk utas.

Berikut ini kumpulan spanduk nyeleneh yang terlihat pada pertandingan Persija melawan PSIS:

1. Jangan-jangan spanduk ini ngambil dari rumahnya sendiri.

Baca Juga:
John Stones Harus Menepi, City Krisis Pemain Bertahan Jelang Lawan Shakhtar

Spanduk nyeleneh Jakmania. [Twitter]

2. Tolong itu spanduk pecel lele, warkop, dan es krim dicariin sama abangnya.

Spanduk nyeleneh Jakmania. [Twitter]

3. Baik sekali diingatkan untuk membayar PBB.

Spanduk nyeleneh Jakmania. [Twitter]

4. Spanduk yang satu ini pasti ngambil di batang pohon di pinggir jalan.

Baca Juga:
Anceloti Katakan Ini Usai Napoli Hajar Liverpool di Liga Champions

Spanduk nyeleneh Jakmania. [Twitter]

5. Semoga warga di Jl. Gunung Sahari hafal daerah mana saja yang masuk kawasan ganjil genap.

Spanduk nyeleneh Jakmania. [Twitter]

Bukan tanpa sebab, diketahui dari kolom komentar bahwa spanduk-spanduk tersebut dibawa oleh Jakmania sebagai bentuk protes.

"Awalnya setiap Persija main, Jakmania selalu bawa spanduk kritikan untuk pemain dan manajemen Persija imbas dari buruknya penampilan tim. Lalu, muncul alasan dari pemain kalau buruknya penampilan tim tak lepas dari banyaknya spanduk kritik di stadion, tim lawan pun main nyaman. Lalu terjadilah aksi spanduk asal-asalan begini. Suporter nggak boleh kritik lewat spanduk, yaudah spanduk asal-asalan yang dibawa. Efeknya, Persija kembali menang lho kemarin," tulis akun @repooy.

Baca Juga:
Hasil Lengkap Laga Liga Champions Hingga Dini Hari Tadi

"Itu bentuk protes Persija fans. Habisan dikasih spanduk penyemangat kalah juga, dikasih spanduk kritikan malah baper. Akhirnya bawa spanduk asal-asalan. Udah gitu menang lagi kan kocak," tambah @AsprillaDW.

Load More