Galih Priatmojo
Guti (Dok. realmadrid.com/Galih)

Bolatimes.com - Ada kemungkinan Madridista generasi milenial belum pernah mendengar tentang Guti.

Yap, Gelandang Timnas Spanyol yang kini menjadi pelatih kedua klub asal Turki, Besiktas telah menghabiskan hampir seluruh karir profesionalnya bersama Real Madrid dan merupakan Madridista yang tangguh.

Pembaca yang lebih muda mungkin mengenali namanya karena dia cukup aktif - dan terkadang kontroversial - di Twitter. Dia agak mirip dengan Gerard Pique versi Madrid sendiri.

Baca Juga:
Dua Ambisi Besar Gianluigi Donnarumma untuk AC Milan dan Italia

Pemilik nama lengkap Jose Maria Gutierrez Hernandez ini tumbuh di akademi muda Los Blancos pertama kali pada 1986 saat usianya masih 10 tahun.

Semenjak saat itu ia menjelma jadi salah satu pemain jebolan akademi Real Madrid paling sukses. Bersama skuat El Real ia telah membuat 542 penampilan selama 15 musim dan membukukan 77 gol.

Meskipun dibayangi oleh skuat Galacticos pada awal 2000-an termasuk pemain seperti Zinedine Zidane, David Beckham, dan Luis Figo, sinar Guti tak lantas redup.

Baca Juga:
Mancini Panggil 31 Pemain Timnas Italia, Chiellini Kembali Lagi

Dan seperti Zidane dan rekan, Guti juga mampu menghasilkan momen-momen jenius mutlak dengan bola di kakinya.

Dilansir dari givemesports.com, sebagai pesepakbola yang berbakat secara teknis, penggemar Madrid akan selalu mengingat salah satu aksi ciamik yang dipertunjukkan Guti. Salah satunya kala ia memberi assist istimewa bagi Karim Benzema kala Real Madrid berhadapan dengan Deportivo La Coruna.

Madrid bermain jauh di Riazor pada Januari 2010 dan memimpin 1-0 ketika Kaka memberikan umpan crossing ke arah Guti yang berdiri di tepi kotak penalti.

Baca Juga:
Daftar Top Skor Serie A Pekan Ketiga 2018/19

Menghadapi situasi berhadapan langsung dengan kiper Deportivo, Guti yang memiliki peluang besar mencetak gol seolah bersiap mencocor bola ke arah gawang dengan kaki kirinya. Sang penjaga gawang pun dengan sigap mencoba menangkal tendangan guti dengan memperpendek jarak sambil merebahkan tubuhnya.

Namun tanpa diduga semua orang, alih alih menendang langsung ke gawang, Guti justru mengoper bola ke arah Karim Benzema yang berlari di belakangnya. Dengan tumit kaki kirinya ia mengarahkan bola kepada Benzema.

Baca Juga:
Cetak Brace, Romelu Lukaku Samai Rekor Didier Drogba

Dengan sangat leluasa, striker asal Prancis itu tanpa basa-basi langsung menyontek assist istimewa Guti itu dan membuat Real Madrid unggul 2-0.

Berkat aksi ciamiknya itu, sampul depan Marca keesokan paginya menulis bantuan Guti itu sebagai 'Tumit Tuhan'

 

Load More