Galih Priatmojo
Pemain Thailand Diselamatkan/Mirror

Bolatimes.com - Sebanyak 12 anggota tim sepak bola Wild Boars asal Thailand akhirnya berhasil keluar dari gua Tham Luang setelah terjebak selama dua minggu lebih.

Lewat penyelamatan dramatis yang melibatkan ratusan regu penolong dan para ahli itu, nyawa 11 anak dan seorang pelatih sepak bola akhirnya berhasil diselamatkan dari maut. Drama mendebarkan ini pun telah jadi sorotan utama, termasuk di antaranya para pesepak bola dunia yang tengah berlaga di pentas Piala Dunia 2018.

Dua hari pascapenyelamatan, anak-anak Wild Boars akhirnya diperbolehkan memberikan pernyataan kepada publik untuk pertama kalinya. Dikutip dari Dailymail, dari tempat tidur rumah sakit Chiang Rai Prachanukroh, anak-anak tersebut mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih atas usaha semua pihak yang berhasil menyelamatkan mereka.

Sebanyak 12 tim Wild Boars asal Thailand yang terjebak di dalam gua berhasil diselamatkan/Mirror

Adul Sam-on, yang disambut penyelam Inggris Rick Stanton dan John Volanthen yang pertama kali menemukan anak-anak yang terperangkap, berbicara dalam bahasa Inggris dalam sebuah video yang dirilis oleh Rumah Sakit Chiang Rai Prachanukroh tempat mereka dirawat.

"Saya baik-baik saja. Terima kasih banyak. Terima kasih banyak," ujarnya.

Dalam secarik kertas yang disediakan pihak rumah sakit, Adul pun mengaku sangat merindukan makanan favoritnya yakni Kentucky Fried Chichen (KFC).

"Saya lebih baik. Saya ingin sekali makan KFC,".

Korban lainnya, Sompong Jaiwong, ‘Pong’ juga mengaku sangat berterima kasih atas segala upaya dan daya yang dilakukan pihak terkait dalam membantunya agar selamat dari gua.

"Saya sehat. Terima kasih semuanya. Sekarang yang saya pikirkan adalah bisa makan babi basil timur dengan telur goreng," ungkapnya.

Sementara itu, Chanin Wiboonrungruang, alias 'Titan' yang berusia 11 tahun, memuji Angkatan Laut Thailand yang telah menyelamatkannya bersama teman-temannya.

"Terima kasih [Thai] Navy Seals. Terima kasih semuanya atas dukungan kalian. Saya baik-baik saja," terang anggota termuda klub Wild Boar ini.

Sebanyak 12 tim Wild Boars asal Thailand yang terjebak di dalam gua berhasil diselamatkan/Mirror

Seperti halnya Adul dan Pong, ia mengaku yang dipikirkan saat ini adalah menikmati makanan favorit. Ia menyebut makanan favoritnya yakni sushi.

"Saya ingin makan sushi," tambahnya.

Menteri Kesehatan Thailand Piyasakol Sakolsatayadorn mengungkapkan sebanyak 12 anggota klub Wild Boars diperkirakan akan keluar dari rumah sakit pada akhir pekan depan.

Ia mengaku sudah mewanti-wanti kepada para korban dan juga keluarga korban untuk tidak sembarang menerima wawancara kepada media usai pulang dari rumah sakit.

"Kami telah menyarankan semua pasien dan orang tua mereka untuk menghindari semua paparan media karena hal itu dapat memicu gejala gangguan stres pasca-trauma."

"Kami meminta kerja sama dari semua orang untuk memastikan bahwa setiap anak menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman mereka sebanyak mungkin," tegasnya.

 

Load More