Pipin Lukmanul Hakim
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong melalui manajer tim melayangkan surat kepada AFC atas kerugian yang didapat skuad Garuda usai wasit mengesahkan gol kedua Irak. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang/nz)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia melalui Manajer Tim, Endri Erawan melayangkan protes kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Menyusul keputusan wasit yang meloloskan gol dari pemain Irak pada pertandingan di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan pada Senin, (15/1/2024) malam waktu Qatar.

Endri dan tim mengaku sangat kecewa dengan keputusan wasit, Tantashev Ilgiz yang tidak membatalkan gol dari Osama Rashid.

Baca Juga:
Persib Digembleng Latihan Berat, Begini Reaksi David da Silva

Padahal wasit yang memimpin jalannya pertandingan Indonesia vs Irak tersebut sudah menggunakan peninjauan dari rekaman VAR.

"Setelah pertandingan, kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak," kata Endri.

"Kami sudah resmi melayangkan formulir protes, dan diserahkan langsung ke match commisioner usai pertandingan," sambungnya.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Selalu Hilang Bola, Sosok Ini Didorong untuk Segera Dinaturalisasi

Meski surat protes itu tidak bisa mengubah hasil pertandingan, tetapi dengan adanya sikap tegas dari timnas Indonesia diharapkan perangkat pertandingan selanjutnya bisa lebih tegas, dan cermat dalam membuat keputusan.

"Setidaknya untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," kata Endri.

Dalam laga itu, satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh gelandang muda, Marselino Ferdinan di menit 37 babak pertama.

Baca Juga:
Pelatih Persib: Sedikit Kesulitan, Mereka Kelelahan

Gol tersebut, membuat skuad Garuda mampu menahan imbang skor 1-1 setelah lebih dahulu kebobolan oleh striker Irak, Mohanad Ali di menit 17.

Kemudian, gol kedua dicatatkan oleh gelandang Osama Rashid pada menit 47+7, dan gol ketiga Irak disumbangkan Aymen Hussein menit 75. 

Baca Juga:
Meski Timnas Indonesia Kalah, Kecemerlangan Marselino Ferdinan Dipuji oleh Media asal Amerika Serikat

Load More