Kurnia Hartadi | Kurnia Hartadi
Pelatih baru Vietnam, Philippe Troussier.(Soha.vn)

Bolatimes.com - Tergabung di grup sulit bersama Jepang dan Irak, pelatih Vietnam Philippe Troussier menjadikan Indonesia sebagai target utama yang harus dikalahkan untuk membawa timnya lolos ke babak 16 besar Piala Asia.

Philippe Troussier bersikap realistis, dirinya merasa kesulitan untuk bisa mengalahkan Jepang maupun Irak di fase grup, sehingga pria berkebangsaan Prancis tersebut hanya mengejar target imbang saat bertemu Jepang dan Irak.

Troussier menyebut bahwa kemenangan saat bertemu Timnas Indonesia menjadi kunci bagi timnya untuk mengamankan tiket ke babak berikutnya.

Baca Juga:
Raja Gol Liga Portugal akan Jajal Benteng Pertahanan Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023

"Untuk laga lawan Timnas Indonesia, saya mempertimbangkannya sebagai laga penting," kata Philippe Troussier dikutip dari @footballstatistik.

"Hasil dari laga tersebut bisa menjadi cara untuk memenangkan tiket ke babak selanjutnya," tegasnya.

Pelatih Vietnam itu berharap timnya bisa lolos ke babak 16 besar bukan dengan menempati peringkat pertama atau kedua di grup D.

Baca Juga:
Persib dan Persija Berpotensi CLBK, Ini Alasan Kuat Datangkan Kembali Abdulla Yusuf Helal dan Makan Konate

Namun dirinya lebih berharap Vietnam menjadi peringkat ketiga terbaik yang dapat lolos mengingat ketatnya persaingan sekaligus berdasar pengaman yang terjadi pada Piala Asia 2019.

"Seperti pada Piala Asia 2019, Vietnam hanya meraih 1 kemenangan dan melaju ke babak 16 besar karena unggul indeks fair play," ujar Philippe Troussier.

"Itu artinya kita membutuhkan keberuntungan di samping kita selama perjalanan nanti," tuturnya.

Baca Juga:
Jelang Latihan Perdana, Asisten Pelatih Bocorkan Masalah Persib

"Bagaimanapun, kesempatan selalu ada disana dan seluruh tim akan mencoba yang terbaik," pungkasnya.

Di sisi lain, media Vietnam menyebut bahwa Timnas Indonesia menjadi lawan yang paling mudah untuk dikalahkan Vietnam di babak penyisihan grup.

Hal ini karena Indonesia menjadi peserta dengan peringkat FIFA paling rendah jika dibandingkan dengan negara-negara yang tergabung dalam grup yang sama.

Baca Juga:
Beragam Reaksi Bobotoh Setelah Persib Rilis Jersey Edisi Spesial 105: Hilangnya '1933' Disorot

Indonesia berada di ranking 146 dunia (1064,01 poin) jauh berada di bawah Irak yang menempati peringkat 63 dunia (1365,98 poin) .

Sementara Vietnam di ranking 94 dunia dengan 1235,58 poin dan Jepang berada di peringkat paling atas grup D dengan 1620,19 poin di posisi 18 dunia.

Load More